by

Kuota Haji Kota Depok 2024 Sebanyak 1.661, Nama-nama Diumumkan Kemenag 9 Januari

Depokrayanews.com– Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok menyebut kuota jemaah haji Kota Depok tahun 2024 sebanyak 1.661 orang, sama dengan jumlah kuota tahun 2023.

“Tahun ini Kota Depok mendapatkan kuota haji 1.661 jamaah untuk pemberangkatan tahun 2024,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Depok, Yuli Rahmawati seperti dikutip, Senin 25 Desember 2023.

Kementerian Agama akan merilis nama-nama yang berhak berangkat dan pelunasan pembayaran mulai 9 Januari 2024. “Pelunasan biaya yang dibayar jemaah haji tahap pertama dibuka mulai 9 Januari 2024. Meski demikian, jemaah sudah bisa mengangsurnya dari sekarang, dengan cara menabung di rekening masing-masing,” kata Yuli.

Menurut dia, calon jemaah terdaftar yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan, setelah itu menunggu terbit istithaah kesehatan melalui aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Jamaah Haji Indonesia (Siskohatkes).

Proses cicilan pelunasan calon jamaah haji, tidak harus sudah melakukan cek kesehatan. Kewajiban cek kesehatan ini, baru berlaku saat dibuka masa pelunasan yang direncanakan pada 9 Januari 2024 nanti.

Pemerintah pusat, menetapkan seluruh calon jamaah haji wajib tes kesehatan dan dinyatakan istithaah. Baru bisa melakukan pelunasan biaya hajinya.

“Cicilan pelunasan ini berbeda dengan pelunasan. Pelunasan baru bisa dilakukan ketika sudah keluar Keputusan Presiden (Keppres). Di dalam Keppres itu akan diatur besaran biaya haji untuk masing-masing embarkasi. Sedangkan untuk cicilan pelunasan saat ini, mengacu pada penetapan rerata biaya haji 2024,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *