by

Lantik 3 Wakil Dekan FISIP dan FH, Rektor UI: Bantu Edukasi Masyarakat Tangkal Hoaks

DEPOKRAYANEWS.COMRektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Ari Kuncoro, melantik tiga Wakil Dekan untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum (FH) UI, di Balai Kirti, Gedung Pusat Administrasi Universitas, Kampus UI Depok, Rabu 12 Juli 2023.

Rektor UI melantik Dwi Ardhanariswari, Ph.D. sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FISIP UI Periode 2021–2025; Prof. Dr. Muhamad Ramdan Andri Gunawan Wibisana, sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FHUI Periode 2023–2027 dan Endah Hartati, S.H., M.H. sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FHUI Periode 2023–2027.

Pelantikan tiga wakil dekan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Rektor UI Nomor 681/SK/R/UI/2023 tentang Pengangkatan Antarwaktu Wakil Dekan Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FISIP UI Periode 2021–2025; serta Nomor 740/SK/R/UI/2023 tentang Pemberhentian Para Wakil Dekan Fakultas Hukum Periode 2019–2023 dan Pengangkatan Para Wakil Dekan Fakultas Hukum Periode 2023–2027.

Dalam sambutannya, Prof. Ari mengucapkan selamat kepada tiga Wakil Dekan terpilih, sekaligus menyampaikan terima kasih kepada Dr. Jajang Gunawijaya; Prof. Dr. Muhamad Ramdan Andri Gunawan Wibisana, S.H., LL.M. serta Dr. Parulian Paidi Aritonang, S.H., LL.M., MPP., yang telah menjalankan amanah pada periode sebelumnya dan memberikan banyak kontribusi bagi kemajuan FISIP dan FH UI.

Prof. Ari menyebut bahwa FISIP dan FH UI memiliki peran penting di masyarakat. Di tengah perhelatan politik yang akan berlangsung tahun depan, FISIP dan FH memiliki peran signifikan, terutama pada pemilihan umum (pemilu) 2024. FISIP berperan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia—sebelum dan saat pemilu berlangsung—agar dapat menangkal hoaks di tengah minimnya literasi media. Sementara itu, FHUI berperan untuk memastikan bahwa nilai-nilai Pancasila tecermin dalam sistem hukum nasional.

“Saya berharap Bapak/Ibu yang dilantik pada hari ini dapat memberikan kontribusi, khususnya bagi pendidikan tinggi di Indonesia di tengah suasana Pemilu 2024 dan perubahan geopolitik dunia. Meski banyak tantangan sulit yang dihadapi, kita harus mampu memanfaatkan kesempatan yang ada. Melalui networking dengan para mitra internasional, UI harus dapat memahami proses yang ada di dunia global dan menggunakan kekuatan-kekuatan yang ada di Indonesia untuk dapat berpartisipasi mencari solusi atas permasalahan global,” ujar Prof. Ari. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *