by

Lebih 300 Orang di Jawa Barat Positif Corona, Kota Depok Masuk 3 Besar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Depokrayanews.com- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membeberkan data mengejutkan terkait hasil rapid test (tes cepat) corona massal dari sampel darah ke 22 ribu orang. Hasil sementara menunjukkan lebih dari 300 orang di Jawa Barat dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Dalam konferensi pers yang juga ditayangkan di live instagram @humas_jabar pada hari Senin 30 Maret 2020, Ridwan Kamil menjelaskan pemprov Jabar telah melakukan tes proaktif, total 22 ribu disebarkan, sudah dilakukan tes massal. Dari 22 ribu itu ada yang test door to door dan drive thru, bersifat masif namun tidak ada perjumpaan fisik dan tidak ada perkumpulan.

“Ada 300an yang positif, akan dites kedua menggunakan PCR atau SWAB. belum bisa dijadikan laporan ke pemerintah pusat,” kata Emil.

Hasil test positif paling besar di Kota Sukabumi, lalu Bekasi dan Depok. “Kota ini sudah diperintahkan untuk melakukan tindakan-tindakan. Tes ini akan terus kami lakukan, mudah mudahan mencapai 100 ribu,” lanjut Emil.

Ia juga tak menyebut secara rinci berapa jumlah warga Kota Sukabumi yang dinyatakan positif corona setelah ikut rapid test tersebut. Emil mengaku sudah memerintahkan pemerintah daerah untuk melaksanakan karantina wilayah secara parsial.

“Kecamatan yang mengalami lonjakan penderita akan dikarantina. Yang disimulasi parsial yaitu di sebuah kecamatan di Sukabumi, kecamatan itu mengalami lonjakan postif yang tentu akan kita gunakan tes PCR ulang,” kata Emil.

Saat ini, Pemprov Jabar menargetkan 100.000 rapid test untuk seluruh warganya. Emil meminta masyarakat tetap menjaga jarak dan sebisa mungkin tinggal di rumah. Saat ini, ada 180 warga Jabar yang dinyatakan positif terjangkit virus corona, 20 diantaranya meninggal dunia.

Sumber : Live Instagram @humas_jabar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *