by

Lima Menteri Kesehatan Ini Mengundurkan Diri Gegara Covid-19

Covid-19 meluas secara merata di dunia.

Depokrayanews.com- Kasus Covid-19 ternyata tidak hanya merenggut jutaan jiwa di dunia, kemudian jutaan orang pun kini masih menjalani perawatan untuk bebas dari virus corona itu.

Lima menteri kesehatan yang secara teknis bertanggungjawab penuh dalam penanggulangan Covid-19 pun akhirnya melempar handuk, karena sudah tidak mampu melaksanakian tugasnya.

Inilah 5 menteri kesehatan yang memutuskan mundur dari jabatannya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. David Scott Clark.
Menteri Kesehatan Selandia Baru David Clark, pada 2 Juli lalu mengundurkan diri menyusul munculnya kasus baru penularan Covid-19 di negara tersebut.

Sebelumnya, Clark mendapat kritik dari pemerintah karena melanggar kebijakan lockdown atau kuncian yang Ia terapkan sendiri. Clark tertangkap basah membawa keluarganya berlibur ke pantai dan berkendara ke jalur sepeda gunung.

2. Adam Vojtch
Menteri Kesehatan Ceko Adam Vojtch secara tak terduga mengumumkan pengunduran dirinya dalam konferensi pers yang diadakan pada 21 Agustus 2020 lalu. Vojtch menyampaikan dirinya telah melakukan yang terbaik untuk mengatasi wabah Covid-19 di Republik Ceko.

Pengunduran diri Vojtch terjadi setelah dirinya dihujani kritik karena kasus Covid-19 terus melonjak. Jumlah kasus virus corona bahkan meningkat dua kali lipas usai dicabutnya pembatasan kegiatan di negara tersebut.

3. Lukasz Szumowski
Lukasz Szumowski mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Kesehatan Polandia pada 15 Agustus lalu sebagai respons Szumowski atas kritik yang ditujukan kepada dirinya akibat krisis Covid-19. Pendekatan Szumowski di awal pandemi sebenarnya dianggap cukup menjanjikan oleh banyak pihak. Namun, citranya mulai memburuk karena skandal pembelian ventilator dan masker.

4. Bruno Bruins
Menteri Kesehatan Belanda Bruno Bruins, mengundurkan diri dari jabatannya pada 19 Maret 2020 lalu. Pengunduran ini dilatarbelakangi kejadian Bruins yang pingsan saat sedang berdebat dalam rapat yang membahas krisis Covid-19. Bruins menyampaikan bahwa kondisi fisiknya tidak lagi mampu mengemban tugas dalam menangani krisis Covid-19 yang semakin memburuk.

5. Nelson Teich
Sebagai pengganti Menteri Kesehatan Brasil sebelumnya yaitu Luiz Henrique, Nelson Teich justru memilih untuk mengundurkan diri pada 15 Mei lalu. Padahal ia belum genap sebulan menjabat. Meski tidak menyebutkan alasannya secara gamblang, Nelson Teich dikecam Presiden Brasil karena dianggap terlalu takut mengeluarkan beberapa anjuran, termasuk penggunaan obat antimalaria dalam melawan Covid-19.
(mad/ris)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *