by

Lima Provinsi Ini Kembali Masuk Daerah Tertinggi Kasus Covid-19

Depokrayanews.-com- Lima provinsi kembali masuk ke jajaran lima daerah teratas yang mencatat penambahan kasus Covid-19 tertinggi secara mingguan.

Kelima provinsi itu adalah Jawa Tengah (naik 919), Jawa Barat (naik 833), DKI Jakarta (naik 410), Kalimantan Timur (naik 207) dan Kalimantan Barat (naik 199).

“Sangat disayangkan, provinsi yang sebelumnya keluar dari lima besar, pekan ini malah kembali masuk lima besar,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Senin 10 November 2020.

Wiku menyebut kenaikan kasus Covid-19 pada pekan ini terpusat pada pulau Jawa dan pulau Kalimantan.

“Dimohon lima provinsi ini untuk jangan lengah. Kami melihat tren lima besar daerah penambahan kasus positif mingguan tertinggi, tidak ada perubahan secara signifikan,” kata Wiku.

Selain itu, penambahan kasus kematian mingguan juga mengalami kenaikan 3,6 persen dari pekan sebelumnya.

Pekan ini ada lima besar provinsi yang masih perlu menekan angka kematiannya, diantaranya Jawa Tengah (naik 25), Jawa Timur (naik 10), Sumatera Selatan (naik 9), Banten (naik 8) dan Sumatera Utara (naik 8).

Sementara itu, persentase kematian tertinggi secara keseluruhan berada di Jawa Timur (7,14 persen), NTB (5,46 persen), Sumatera Selatan (5,39 persen), Jawa Tengah (4,95 persen) dan Bengkulu (4,62 persen).

Wiku juga memaparkan kondisi kesembuhan Covid-19 secara mingguan.

Menurutnya, meski kesembuhan secara nasional terus bertambah setiap harinya, namun jumlah kesembuhan pekan ini mengalami perlambatan sebesar 6,7 persen dari pekan sebelumnya.

“Sudah tiga pekan berturut-turut kasus sembuh mengalami penurunan, dan minggu inilah terjadi perlambatan paling besar. Ini adalah kondisi yang memprihatinkan,” kata Wiku.

Pada pekan ini, Wiku menyebut ada lima provinsi kenaikan kesembuhan tertinggi. Diantaranya Aceh (naik 1.018 kasus), Jawa Tengah (naik 229 kasus), NTB (naik 145 kasus), Kepulauan Riau (naik 134) kasus dan Papua naik (129 kasus).

Sementara itu, untuk daerah dengan persentase kesembuhan tertinggi secara nasional berada di Gorontalo (94,32 persen), Bali (91,66 persen), Kalimantan Selatan (90,89 persen), DKI Jakarta (90,79 persen) dan Sulawesi Selatan (90,07 persen).

“Untuk pertama kalinya DKI Jakarta masuk dalam lima besar provinsi dengan persentase kesembuhan yang tinggi. Kami mengapresiasi pemerintah provinsi DKI Jakarta yang terus meningkatkan layanan kesehatan sehingga angka kesembuhannya meningkat,” kata Wiku. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *