by

Lima Provinsi Masih Jadi Penyumbang Kasus Covid-19 Tertinggi

Depokrayanews.com- Perkembangan kasus positif nasional dalam empat minggu terakhir menunjukan tren penurunan. Namun, masih ada lima provinsi yang mengalami kenaikan kasus. Bahkan ada yang lebih dari satu kali menjadi penyumbang tertinggi kenaikan kasus di tingkat nasional.

“Lima provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Bali, Sumatera Utara, NTT, dan Kalimantan Selatan,” kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Selasa 17 Agustus 2021.

Sedangkan pada minggu ini, kenaikan kasus Covid-19 disumbangkan oleh Jawa Tengah dan Bali yang sebelumnya sempat keluar dari lima besar kasus tertinggi selama dua minggu. Penambahan kasus di Jawa Tengah yakni tercatat sebesar 5.143 kasus, Bali menambahkan 1.904 kasus, disusul Papua Barat menambahkan 667 kasus, Kalimantan Tengah menambahkan 553 kasus, dan Sulawesi Barat menambahkan 295 kasus.

Karena itu, Wiku meminta pemerintah daerah agar mengamati kenaikan kasus sedini mungkin sehingga lonjakan dapat diantisipasi. “Diperlukan pula usaha lebih dari pemerintah daerah dalam perumusan kebijakan yang serasi dengan situasi kondisi dan tantangan di daerahnya,” ujarnya.

Selain itu, peran aktif masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dan meminimalisir mobilitas dapat membantu pemerintah dalam menurunkan peningkatan kasus. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *