by

Luhut Minta Maaf kepada Rakyat Indonesia, PPKM Darurat Jawa-Bali Belum Optimal

Depokrayanews.com- Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia karena penanganan PPKM Darurat Jawa-Bali belum optimal

“Sebagai koordinator PPKM Jawa-Bali dari lubuk hati yang paling dalam saya meminta maaf ke seluruh rakyat indonesia, jika dalam penanganan Jawa-Bali ini masih belum optimal,” kata Luhut dalam konferensi pers, Sabtu 17 Juli 2021.

Tapi yang jelas, kata Luhut, pihaknya dan semua menteri akan bekerja keras untuk menekan penularan corona varian Delta. Ia juga memastikan bansos kepada masyarakat akan segera disalurkan.

Menurut Luhut, meski mobilitas masyarakat turun namun tak bisa secara langsung menekan penularan varian Delta. Karena faktor inkubasi virus yang selama 14-21 hari.

“Ini terus terang berikan harapan ke kita semua bahwa penularan varian Delta ini bisa kita turunkan. Namun penurunan mobilitas aktivitas masyarakat ini tak serta merta langsung menunjukkan penurunan penambahan kasus, meski 3 hari ke belakang ini terlihat data-data sudah mulai membaik,” kata dia.

Kata Luhut, keberhasilan menekan varian Delta membutuhkan konsistensi semua pihak dalam mematuhi aturan PPKM Darurat. Ia mengakui ekonomi masyarakat terdampak selama PPKM Darurat, namun pemerintah juga mempertimbangkan upaya menekan laju penularan corona.

“Bukan pilihan yang mudah untuk pemerintah memutuskan PPKM ini. Di satu sisi kita harus hentikan laju penularan varian Delta yang eksponensial atau naik tinggi agar dokter, perawat, bidan di RS puskesmas dan faskes yang lain bisa menyembuhkan para pasien COVID-19 yang jumlahnya cukup banyak saat ini. Tapi di sisi lain dampak terhadap ekonomi rakyat kecil juga cukup besar akibat penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat,” kata Luhut. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed