by

Mahasiswa UI Menjuarai Kompetisi Indonesia L’Oréal Brandstorm 2023

DEPOKRAYANEWS.COM- Mahasiswa UI menjuarai kompetisi L’Oréal Indonesia Brandstorm 2023 berkat produk inovasi berupa parfum dalam satu kemasan dengan 1000 jenis aroma yang diinginkan.

Produk inovatif ini hasil riset tiga orang mahasiswa Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTE FTUI) yang tergabung dalam Tim Cakrawala Mereka terdiri dari Alvin Filipi (DTE 2019), Julieta Hermawan (DTE 2019), dan Evelyn Velencia Febita (DTE 2020). Sebagai juara, mereka selanjutnnya akan berlomba pada panggung kompetisi di Eropa.

Mereka memperkenalkan aplikasi Personalized Perfumery System (PERFY) dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) yang dapat memberikan rekomendasi parfum atau wewangian yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, kapan pun dan dimana pun.

Dalam merancang idenya ini, tim tersebut berada di bawah bimbingan dosen Program Studi Teknik Biomedik DTE FTUI, yaitu Dr. Eng. Mia Rizkinia, S.T., M.T. dan Siti Fauziyah Rahman, S.T., M.Eng., Ph.D. Berkat ide inovatifnya, Tim Cakrawala berhasil menjadi National Winner Indonesia L’Oréal Brandstorm 2023, yang diumumkan pada Rabu, (29/03) dan berhasil menyisihkan lebih dari 1.600 mahasiswa dari universitas lain di Indonesia.

“Ide ini berawal dari hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa 85% orang ingin tampil wangi saat berada di luar. Banyak yang memiliki koleksi parfum lebih dari satu dengan aroma berbeda untuk acara yang berbeda. Kami terpikir untuk membuat satu aplikasi parfum yang dapat menghasilkan wangi berbeda-beda tergantung pada pilihan pengguna. Kami lalu menggagas PERFY, yaitu sistem yang menggabungkan teknologi digital dan formulasi wewangian fisik untuk menawarkan sistem wewangian lebih lengkap kepada pengguna. PERFY memiliki dua keunggulan, yaitu dari segi aplikasi dan perangkat yang juga ramah untuk teman-teman difabel,” kata Dr.Eng. Mia Rizkinia.

PERFY App adalah aplikasi yang memanfaatkan kekuatan generatif AI untuk menawarkan pengalaman wewangian yang unik dan dipersonalisasi kepada penggunanya, kapan pun dan di mana pun dengan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) dan Generatif AI (GPT-4).

PERFY adalah perangkat pencampur wewangian dengan Internet-of-Things Ecosystem. Ia memiliki tiga keunggulan, yaitu 1000-IN-1 Fragrance Mixer yang terkoneksi melalui Bluetooth ke Aplikasi PERFY dan memiliki ekstraksi hingga 1.000 macam aroma, produk bebas dari animal testing dan ramah lingkungan, serta perangkatnya yang mudah dibawa dan dilengkapi dengan tombol push spray yang lebih lebar.

PERFY pun memiliki mode inklusivitas, yaitu mode navigasi bertenaga AI yang memanfaatkan teknologi Computer Vision (CV) dan mode bebas genggam yang akan membantu berinteraksi dengan perangkat tanpa menyentuhnya secara fisik. Tentunya mode ini sangat ramah untuk kalangan yang memiliki keterbatasan secara fisik.

“Tim Cakrawala terdiri dari mahasiswa yang kreatif dan pekerja keras. Dalam waktu sebulan, disela kesibukan skripsi, design project, dan magang, mereka menawarkan ide lain daripada yg lain. Idenya mengusung nilai inklusivitas dan feasibilitas dengan GUI yang dapat menjangkau teman-teman difabel dengan teknologi eye tracker, speech recognition, dan NLP untuk personalized perfumed sehingga mereka berhasil merebut juara nasional. Semoga sukses di level Asia dan dunia nanti,” kata Dr.Eng. Mia Rizkinia.

Sebagai National Winner Indonesia L’Oréal Brandstorm 2023, nantinya Tim Cakrawala akan mewakili Indonesia di L’Oréal Brandstorm 2023 tingkat Internasional. “Selama bulan April ini kami akan mengikuti hackathon online yang difasilitasi langsung oleh L’Oréal Indonesia. Nantinya, diharapkan kami dapat memfinalisasi ide ini untuk babak semifinal perlombaan di bulan Mei. Lalu, di bulan Juni akan ada final Internasional yang dilaksanakan di Paris, Prancis. Dukungan penuh kami harapkan hadir dari seluruh sivitas akademika FTUI dan UI, agar kami dapat meraih juara serta membanggakan FTUI, UI, dan Indonesia di kancah internasional,” kata Alvin.

L’Oréal Brandstorm 2023 merupakan kompetisi tahunan yang sudah dilaksanakan di Indonesia sejak tahun 2009 oleh L’Oréal sebagai perusahaan kosmetik terbesar di dunia. Tahun ini, tema yang diangkat adalah Crack the New Codes of Beauty, yang mana para peserta harus mengkolaborasikan teknologi dan kecantikan, melalui Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI), dan Metaverse. Kompetisi L’Oréal Brandstorm tingkat Internasional telah dilaksanakan sejak tahun 1992, dengan tujuan mencari talenta untuk mengidentifikasi Future Leaders dari L’Oréal. Sudah lebih dari 7000 mahasiswa terkena dampak positif dari kompetisi ini. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed