by

Malam Puncak PARFI AWARDS 2020 Digelar di Bali

Firman Nurjaya, sutradara yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggara PARFI AWARDS 2020.

DepokRayanews.com- Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) akan menggelar PARFI AWARDS 2020 dengan tema “Film Indonesia Karya Budaya Inspirasi Bangsa”. Malam puncaknya akan digelar pada 10 Maret 2020 di Prime Plaza Hotel, Sanur, Bali, dengan mengusung konsep “Etnik, Unik dan Metafisik”. Perhelatan nasional yang dimulai dengan Road Show di 10 Kota ini akan menyajikan suatu festival dengan mengangkat kekayaan budaya dan kearifan lokal.

PARFI AWARDS 2020 diharapkan menjadi ajang penyegaran dan pembelajaran sineas, terhadap isi cerita yang terkandung dalam karya film untuk mengenal lebih dalam nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan cinta tanah air.

” Karenanya, penghargaan PARFI AWARDS 2020 akan diberikan kepada para sineas yang berhasil meningkatkan standar etis, moral, dan artistik pada karya film, yang menunjukkan keluhuran budaya Indonesia dalam membangun karakter bangsa,” kata Firman Nurjaya, Ketua Ketua Panitia Penyelenggara PARFI AWARDS 2020 di Depok, Sabtu 18 Januari 2020 malam.

Dikatakan, penyelenggaraan PARFI AWARDS 2020 merupakan persembahan penghargaan dari PARFI kepada aktor dan aktris film Indonesia. Festival ini bukan ajang kompetisi, namun merupakan ajang pemberian penghargaan atas prestasi aktor dan aktris film Indonesia.

Penyelenggara berharap, dari PARFI AWARDS 2020 akan lahir aktor dan aktris film Indonesia yang berjaya tidak hanya di negeri sendiri, tapi juga berprestasi di kancah internasional.

”Di malam puncak PARFI AWARDS 2020 akan diserahkan 36 Penghargaan kepada Aktor/Aktris Film, Sutradara, Film Terbaik serta Lifetime Achievement,” kata sutradara ternama itu.

Penyelenggara sudah melakukan verifikasi judul-judul film yang layak di-festivalkan. Verifikasi dilakukan sejumlah praktisi film, wartawan dan pengamat. Anggota juri verifikasi yang diketuai Yatti Surachman itu diantaranya Hardo Sukoyo, Arturo Gunapriatna P, Rommy Fibri Hardiyanto, dan Bens Leo.

Kegiatan pendukung PARFI AWARDS 2020 sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu seperti RoadShow dan pemutaran film unggulan hasil penilaian dewan juri PARFI AWARDS 2020 ke beberapa kota antara lain: Banyuwangi, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Manado, Banjarmasin, Lampung, Medan dan Bengkulu.

Penyelenggara juga menggelar Lomba Akting, Ghost Mania Festival, Talk Show, Bazar, Kontes Media Digital “Xpresikan Acting Kerenmu” serta Lomba Penulisan Artikel dan Lomba Foto PARFI.

PARFI AWARDS 2020 akan memberikan penghargaan untuk Film Genre DRAMA, KOMEDI, HOROR dan LAGA/AKSI. Hasil verifikasi telah memilih 7 film untuk genre DRAMA diantaranya, 6,9 Detik, Analogi Rasa, Bumi Manusia, Dilan 1991, Dua Garis Biru, Keluarga Cemara dan Si Doel The Movie 2.

Genre KOMEDI terpilih film diantaranya, Calon Bini, Ghost Writer, Imperfect, Laundry Show, My Stupid Boss 2, Orang Kaya Baru dan Yo Wis Ben 2. Sedangkan genre HOROR ada film yang lolos verifikasi seperti Danur 3, Dread Out, Kuntil Anak 2, Lampor, Makmum, Perempuan Tanah Jahanam dan Sekte. Dibarisan genre LAGA/AKSI terpilih Foxtrot Six, Gundala, Hanya Manusia, Hit & Run,

Penjurian PARFI AWARDS 2020 dilakukan secara objektif dan transparan oleh dewan juri yang terdiri dari berbagai unsur, disiplin ilmu dan profesi, diantaranya Yatti Surachman, Ray Sahetapy, Rudy Soedjarwo, Suryandoro, Wina Armada Sukardi dan Nirina Zubir. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed