by

Manfaat Seks yang Jarang Diketahui

Depokrayanews.com- Apa yang Anda tahu soal manfaat seks? Memberikan kebahagiaan, membakar kalori, atau lainnya?

Tahukah Anda kalau seks ternyata juga punya manfaat lain yang mungkin saja tak disadari. Keinginan untuk melakukan hubungan seksual adalah naluri dasar karena manusia dirancang untuk berkembang biak dan prokreasi terjadi melalui hubungan seksual. Selain fungsi reproduksi, hubungan seksual juga bisa sangat menyenangkan, menyenangkan dan memperkuat ikatan antara pasangan.

Seks punya banyak manfaat hebat buat kesehatan. Saat melakukan hubungan seksual, sejumlah hormon sehat, seperti endorfin dan serotonin, dilepaskan di dalam tubuh, yang memberi jalan bagi semua manfaat kesehatan.

Beberapa di antaranya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah depresi, menurunkan berat badan karena pembakaran kalori, meningkatkan kesehatan kulit dan lainnya.

Tahukah Anda bahwa seks secara teratur juga dapat memperlambat penuaan dini sel dan membuat Anda awet muda dalam waktu lama? Kok bisa?

Seiring usia, sel-sel tubuh mulai berkurang kemampuannya dan mengalami degenerasi. pada beberapa orang, penuaan dini sel terjadi, jika mereka memiliki gaya hidup yang tidak sehat, dengan pola makan yang buruk, kurang olahraga, stres yang berlebihan, dll. Dalam kasus seperti itu, mereka mulai mengalami tanda-tanda penuaan pada usia yang sangat muda.

Seks yang rutin dan menyenangkan akan membantu memperlambat penuaan sel-sel tubuh. Hal ini terjadi karena hormon endorfin dan serotoin yang dikeluarkan.

Mengutip Boldsky, Endorfin dan serotonin adalah hormon, yang juga memiliki kapasitas untuk memperlambat degenerasi sel yang cepat, sehingga memperlambat proses penuaan. Hormon yang sama dilepaskan selama berolahraga dan ketika seseorang merasakan kebahagiaan dan kegembiraan yang ekstrem.

Studi yang dilakukan di University of California terhadap 129 wanita yang melakukan hubungan seks secara teratur, sepakat bahwa seks bisa memperpanjang umur.

Studi ini menemukan bahwa, seks teratur dapat mempertahankan panjang telomere (topi pelindung yang ditemukan pada untaian DNA manusia, yang bertanggung jawab untuk penuaan dan rentang hidup), sehingga mencegah penuaan dini dan meningkatkan rentang hidup Anda.

Telomer inilah yang akan memendek seiring bertambahnya usia. Namun gaya hidup yang buruk dan pola makan tak sehat, stres, dan lainnya bisa membuat telomer memendek lebih cepat. Sebaliknya, hubungan seksual yang teratur dapat menjaga panjangnya tetap utuh untuk jangka waktu yang lebih lama.

Tapi seberapa sering atau teraturnya hubungan seks yang direkomendasikan? Para ahli merekomendasikan untuk berhubungan seks dengan pasangan Anda setidaknya 2-4 kali seminggu. (cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *