by

Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris Meninggal, Begini Profil Singkat Urang Awak Itu

DEPOKRAYANEWS.COM- Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Fahmi Idris, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistira pada Minggu 22 Mei 2022 pukul 10.00 WIB.

Pihak keluarga menyebut almarhum berjuang melawan penyakit yang diderita sebelum meninggal dunia. “Almarhum ini sudah terkena cancer dari 2014, tapi semangat hidupnya luar biasa,” kata menantu Fahmi Idris, Aldwin Rahadian di tempat pemakaman Jakarta Selatan, Minggu 22 Mei 2022. Aldwin sendiri adalah suami dari Fahira Idris, putri sulung Fahmi Idris.

Aldwin kemudian bercerita tentang capaian Fahmi Idris sebelum meninggal. Aldwin menyebut Fahmi berhasil mendapat 2 gelar doktoral secara bersamaan, yaitu doktoral manajemen dan doktoral Filsafat Universitas Indonesia (UI). “Terakhir beliau mendapat gelar kehormatan profesor dari Universitas Negeri Padang,” kata Aldwin.

Fahmi lahir pada 20 September 1943 di Jakarta, saat Indonesia masih dijajah Jepang. Kedua orang tuanya merupakan pasangan perantau asal Minangkabau. Ayah Fahmi, Haji Idris Marah Bagindo, merupakan seorang pedagang yang mendidik anak-anaknya untuk taat beragama dan disiplin.

Fahmi lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1969. Di kampus tersebut, Fahmi dikenal sebagai aktivis yang ulet dan cekatan.

Beberapa jabatan kemahasiswaan sempat ia sandang, antara lain sebagai pimpinan Himpunan Mahasiswa Islam, Ketua Senat Fakultas Ekonomi UI (1965-1966), dan Ketua Laskar Ampera Arief Rachman Hakim (1966-1968).

Fahmi mulai menitik karier sebagai pengusaha di 1966, saat ia mendirikan PT Kwarta Daya Pratama. Pada 1979, ia menjabat sebagai direktur utama Kongsi Delapan (Kodel Group), sebuah perusahaan konglemerasi yang didirikannya bersama Aburizal Bakrie, Soegeng Sarjadi, Abdul Latief dan Pontjo Sutowo.

Pada era 1980-an, perusahaan tersebut menggurita dengan mengelola usaha di bidang agrobisnis, perdagangan, perbankan, perminyakan, hingga hotel. Kodel Group kemudian membangun Hotel The Regent (kini Four Seasons Jakarta) di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Bisnis propertinya tak hanya di Jakarta tetapi juga merambah ke mancanegara. Di Beverly Hills, California Fahmi membangun sebuah hotel, Regent Beverly Whilshire.

Fahmi terjun ke dunia politik dengan bergabung di Partai Golkar. Ia menjabat sebagai Ketua DPP Golkar di Jakarta pada periode 1998-2004.

Ia diangkat sebagai Menteri Ketenagakerjaan dalam Kabinet Reformasi Pembangunan di masa pemerintahan Presiden BJ Habibie. Kemudian, ia menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kabinet Indonesia Bersatu pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Fahmi juga pernah terpilih menjadi anggota DPR-GR mewakili kalangan mahasiswa, serta ketua Fraksi Golkar di MPR-RI. (mad/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *