by

Masjid Raya Jakarta segera Rampung, Terbesar Kedua setelah Istiqlal

Inilah maket Masjid Raya Jakarta, masjid kedua terbesar setelah Istiqlal.
Inilah maket Masjid Raya Jakarta, masjid kedua terbesar setelah Istiqlal.

Depokrayanews.com- Pembangunan Masjid Raya Jakarta, di Jalan Daan Mogot KM 14, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, diperkirakan rampung, akhir Maret 2017.

Masjid Raya Jakarta ini akan menjadi masjid terbesar kedua setelah masjid Istiqlal.

Daya tampung masjid ini sekitar 12.500 jemaah dan dibangun dengan nuansa serta ornamen budaya Betawi.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta, Arifin, menyebut masjid yang proses pembangunannya sudah dimulai sejak 2014 itu memiliki perbedaan dari masjid raya lainnya. Masjid ini dilengkapi 5 menara sesuai rukun Islam.

Selain memiliki ruang serbaguna, dan mezanin, juga akan ada diantaranya ruang buat sarana pendidikan, ruang untuk ekonomi, dan ruang perkantoran untuk beberapa organisasi seperti dewan masjid dan sebagainya.

“Jadi konsepnya itu masjid Nabi ya. Sebutnya masjid nabi yang mana di dalamnya mengembangkan berbagai fungsi, bukan hanya ibadah, tapi juga pendidikan, sosial dan ekonomi,” kata Arifin.

Proyek pembangunan Masjid Raya Jakarta ini diresmikan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), saat Ahok masih menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Ahok berharap, masjid yang dibangun di atas lahan sekitar 18 hektar itu dapat menjadi ikon dan kebanggaan warga Jakarta. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *