Masker Kain 3 Lapis Bisa Tangkal Virus Corona hingga 70%

Sebarkan :

 

Masker kain tiga lapis bisa tangkal virus corona sampai 70 persen.

Depokrayanews.com- Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menganjurkan agar orang sehat memakai masker kain tiga lapis saat ke luar rumah karena masker kain dapat menangkal virus hingga 70 persen.

“Sesuai hasil penelitian bahwa masker kain dapat menangkal virus hingga 70 persen. Meski demikian masyarakat tetap menjaga jarak 1 hingga 2 meter saat di keramaian,” kata Wiku dalam konferensi pers melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Minggu 5 April 2020.

Menurut sang dokter, masker kain itu sebaiknya dibuat tiga lapisan untuk meningkatkan efektifitas dalam menangkal virus Corona Covid-19. Masker kain itu dapat dibuat sendiri dengan catatan harus menutupi hidung hingga dagu dan tidak longgar saat dipakai.

“Gunakan kain bersih kemudian jahit manual atau pakai mesin. Masker kain harus diganti dan dicuci dengan sabun secara rutin. Cuci masker apabila mulai basah dan dicuci secara rutin,” tegasnya.

Wiku menjelaskan bahwa masker kain merupakan salah satu jenis masker yang biasa digunakan. Sementara dua jenis lainnya, yakni masker bedah dan masker N-95 dikhususkan untuk tenaga medis yang menangani langsung pasien Covid-19.

Meski dapat menggunakan masker, Wiku mengatakan, tindakan paling tepat tetaplah berada di rumah alias di rumah aja jika tidak ada keperluan mendesak.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto sudah menyampaikan imbauan kepada semua warga negara Indonesia (WNI) wajib pakai masker saat keluar rumah untuk mencegah penularan virus Corona.

“Mulai hari ini, sesuai rekomendasi dari WHO, kita jalankan ‘masker untuk semua’. Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar,” kata Yuri. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubernur Jabar Setuju Penerapan PSBB Proporsional di Bodebek sampai 2 Juli 2020

Depokrayanews.com- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyetujui permohonan pemerintah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) untuk ...