by

Masyarakat Minta Pemkot Depok Bangun Puskesmas di Bedahan Sawangan

DEPOKRAYANEWS.COM – Warga Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok meminta Pemerintah Kota Depok segera membangun gedung puskesmas di wilayahnya.

Sejak belasan tahun warga Bedahan berobat ke Puskesmas Kelurahan Pengasinan, karena Kelurahan Bedahan belum punya Puskesmas. Bila menggunakan mobil jarak menuju Puskesmas Pengasinan cukup jauh karena harus memutar melewati Jalan Raya Mukhtar Sawangan dan Jalan Raya Pengasinan baru masuk ke Perumahan BSI, lokasi Puskesmas Pengasinan.

“Kondisi Puskesmas Pengasinan tidak memadai untuk bisa melayani masyarakat dari Kelurahan Pengasinan dan Kelurahan Bedahan,” kata Despandri, Penasehat Forum Komunikasi Warga Rivaria (FKWR), Sawangan kepada depokrayanews.com, Kamis 10 Februari 2022.

Menurut Despandri, jumlah penduduk Kelurahan Bedahan Tahun 2018 sudah mencapai 14.399 jiwa. Jumlah itu terus bertambah seiring dengan munculnya perumahan-perumahan baru di wilayah itu. Sedangkan jumlah penduduk Kelurahan Pengasinan lebih banyak dibanding jumlah penduduk Kelurahan Bedahan atau sekitar 17.000 jiwa.

”Bisa dibayangkan begitu banyaknya pasien yang harus ditangani di Puskesmas Pengasinan. Ratio jumlah dokter dan tenaga medisnya sudah tidak sebanding dengan jumlah penduduk,” kata Despandri.

Pendapat yang sama juga dikemukakan Faisal, Ketua RW 15 Kelurahan Bedahan. “Saya berharap Walikota Depok dan dinas terkait untuk segera membangun Puskesmas Bedahan,” kata Faisal.

Menurut Faisal, warga kesulitan untuk berobat ke Puskesmas Pengasinan karena jaraknya yang jauh. Apalagi bagi manula. ”Memang ada jalan pintas, tapi hanya bisa dilewati sepeda motor. Kalau naik mobil harus memutar sangat jauh,” kata Faisal.

Lurah Bedahan, Hasan mengaku sudah mempunyai calon lokasi untuk pembangunan Puskesmas Bedahan yakni dekat SMPN 25 Kota Depok di wilayah RT 04/ RW 15 Jalan Jabon dengan luas lahan kurang lebih 9.500 meter. ”Kami sudah menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan puskesmas,” kata Hasan.

“Saya sudah mengajukan agar segera dibangun Puskesmas Bedahan tahun ini,” kata Hasan. Dia memperkirakan pembangunan Puskesmas Bedahan itu akan menelan biaya sekitar Rp 3 miliar.

“Sudah cukup lama Kelurahan Bedahan tidak mempunyai puskesmas, kita selalu ke Puskesmas Pengasinan,” tambah Hasan. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed