by

Mau Berhenti Merokok, Silakan Konsultasi di Puskesmas

May Haryanti Kabid Yankes Dinkes Kota Depok

DepokRayanews.com- Mau berhenti merokok tapi tidak bisa-bisa? Kini Dinas Kesehatan Kota Depok memberikan pelayanan konseling berhenti merokok secara gratis di semua Puskesmas yang ada di Kota Depok. Pihak Dinkes sudah memberikan pelatihan kepada 35 petugas Puskesmas terkait bahaya rokok dan bagaimana melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Yankes) Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengatakan, pihaknya telah memberikan pelatihan kepada 35 petugas Puskesmas se-Kota Depok. Pelatihan yang diberikan terkait bahaya rokok dan melindungi kesehatan masyarakat dari bahaya asap rokok.

“Sudah kami berikan pelatihan sebagai bekal konseling di Puskesmas, agar mereka memberikan informasi kepada masyarakat terkait bahaya merokok,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti, Selasa (17/12/2019)

Menurut May, jadwal konseling di masing-masing Puskesmas berbeda-beda, disesuaikan dengan program pelayanan di Puskesmas tersebut. Konseling yang diberikan tidak hanya untuk perokok yang ingin berhenti merokok, tetapi juga kepada masyarakat yang membutuhkan informasi seputar bahaya rokok. “Siapa pun boleh mengakses pelayanan ini sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Depok,” kata May.

May berharap dengan adanya konselor di Puskesmas, warga lebih mudah mendapatkan informasi terkait bahaya rokok. Dengan begitu, dapat membantu masyarakat dalam upaya untuk berhenti merokok. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *