by

MCS Kembali Aktif, Masyarakat Kota Depok Menyambut dengan Antusias

DEPOKRAYANEWS.COM– Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan sebenarnya sudah lama beroperasional. Tapi sempat berhenti untuk menjaga protokol kesehatan dan mengurangi resiko pandemi Covid-19.

Seiring kondisi pandemi yang berangsur kondusif, kini BPJS Kesehatan kembali mengaktifkan MCS. Program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang tinggal jauh dari Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Salah satu tujuan lain dari MCS yaitu membantu masyarakat yang sudah lanjut usia untuk melakukan proses administrasi, baik untuk mutasi data atau pendaftaran baru.

Novi (21) seorang remaja yang baru saja lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan mengatakan bahwa dia sudah tidak masuk tanggungan orang tuanya yang bekerja sebagai PNS. Karena itu, dia segera mendaftarkan diri di BPJS Kesehatan pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa disebut mandiri. Sebab, dia ingin tetap memiliki perlindungan jaminan kesehatan meskipun masih mencari pekejaan sehingga dia tidak perlu khawatir bila tiba-tiba sakit.

Beberapa hari lalu, Novi datang ke lokasi layanan MCS di Kelurahan Serua Kecamatan Bojongsari. “Saya kesini untuk mengubah status kepesertaan, karena sebelumnya saya ditanggung oleh orang tua saya yang kebetulan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tapi karena usia saya sudah diatas 21 tahun dan sudah tidak kuliah, maka saya sudah tidak masuk tanggungan orang tua,” kata Novi.

Begitu mendapat informasi dari grup Whatsapp bahwa ada layanan MCS di Kelurahan Serua, Novi tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. ”Kebetulan Ketua RT kami di komplek pun sangat masif menginfokan hal ini,” jelas Novi.

Menurut Novi, kehadiran MCS di Kelurahan Serua sangat mempermudah dirinya, dan banyak warga lain yang tidak memiliki kendaraan untuk ke Kantor BPJS Kesehatan atau tidak paham menggunakan aplikasi. ”Karena dengan datangnya MCS, warga sekitar cukup jalan kaki saja dan kami bisa mendapatkan informasi yang jelas langsung dari pegawai BPJS Kesehatan sehingga segala kebingungan kami terjawab dengan baik,” kata dia.

“Kami warga sekitar sangat senang dengan kehadiran MCS. Semoga program ini berjalan secara rutin kedepannya. Karena ini memudahkan kami melakukan perubahan data atau sekedar mendapatkan informasi. Saya berharap MCS terus aktif keliling wilayah Kota Depok. Tapi sebaiknya ada pemberitahuan sebelumnya yang bersifat masif jadi warga sudah tau jauh jauh hari sebelum hari-H,” ujar Novi. (HT/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed