by

Megawati Kritik Daerah Lamban Tangani Bencana

Depokrayanews.com- Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengkritik daerah-daerah yang masih lamban menangani bencana yang potensinya bisa muncul setiap saat tanpa disadari oleh semua pihak.

Kondisi seperti itu, kata Megawati, terjadi karena faktor pola pikir di daerah bahwa bencana tidak akan terjadi setiap hari.

“Saya melihat sampai saat ini, mohon maaf, daerah sangat lambat sekali. Karena masih dalam pola pikir ‘ah bencana enggak selalu terjadi tiap hari. Jadi tidak ada rutinnya,” kata Megawati saat hadir dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional BMKG secara virtual, Kamis 29 Juli 2021.

Meski tidak merinci daerah yang lamban dalam menangani bencana, Megawati menegaskan seharusnya pola pikir bencana tak akan datang setiap hari harus diubah. Sebab, bencana sudah pasti akan datang tanpa bisa diprediksi dan potensial memakan korban jiwa.

“Satu kali kejadian maka korban manusia pasti terjadi, korban dan sebagainya,” kata Megawati. Mega juga meminta kepada pemerintah daerah di seluruh Indonesia harus memiliki alokasi dana khusus untuk penanganan bencana alam.

Bulog juga harus tetap memiliki persediaan beras untuk penanganan bencana. Ia bercerita sewaktu masih menjabat sebagai Wakil Presiden dan Presiden RI, Bulog sudah bersiaga untuk mengalokasikan bantuan beras bagi para korban terdampak bencana.

“Begitu sudah terdengar ada bencana, maka enggak ada pertanyaan. Bulog harus segera kirimkan beras,” kata dia.

Tak hanya itu, Megawati juga meminta agar bantuan yang dikirimkan kepada korban terdampak tidak dalam berbentuk uang. Hal itu memperlambat reaksi cepat karena masyarakat harus mencari kebutuhannya sendiri.

Ia menyarankan agar bantuan bisa dalam bentuk barang atau bahan-bahan pokok. Sebab, reaksi cepat pertama yang bisa dilakukan dengan mendirikan dapur umum untuk menyokong kebutuhan pokok sehari-hari warga terdampak. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *