by

Menag: Idul Adha 2016 Jatuh pada Senin 12 September

Menteri Agama Lukman Hakim menjelaskan Idul Adha yang jatuh pada 12 September 2016.
Menteri Agama Lukman Hakim menjelaskan Idul Adha yang jatuh pada 12 September 2016.

Depokrayanews.com- Pemerintah menetapkan, Idul Adha  2016 jatuh pada Senin (12/9). Kepastian ini merujuk pada hasil sidang penetapan/itsbat yang digelar di Kementerian Agama, Kamis (1/9).

“Dengan hitungan hisab dan laporan petugas rukyat yang tidak dapat melihat hilal sehingga 1 Dzulhijah bertepatan pada Sabtu, 3 September dan Idul Adha pada 12 September,” kata Menteri Agama. Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Sidang itsbat digelar secara tertutup dihadiri ahli astronomi, pemuka agama, pejabat terkait, delegasi negara sahabat, dan tamu undangan lainnya.

Sidang dipimpin langsung oleh Menag dan berlangsung sekitar 35 menit usai peserta sidang melaksanakan shalat Maghrib.

Lukman mengatakan, keputusan itu didapat setelah tidak ada satu pun petugas yang ditunjuk Kementerian Agama di sejumlah titik seluruh Indonesia, yang berhasil melihat hilal.

“Maka disempurnakan 30 hari dan 1 Dzulhijjah bertepatan Sabtu 3 September 2016, sehingga bisa dipastikan Idul Adha bertepatan dengan Senin 12 September 2016,” kata Lukman.

Lukman berharap, pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ini bisa mendatangkan keberkahan, terutama karena umat Islam di Indonesia bisa merayakannya bersama-sama. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed