by

Menaker Sebut 48,2 Juta Penduduk Usia Kerja Alami Dampak Covid-19

Depokrayanews.com- Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memperkirakan ada 48,2 juta penduduk usia kerja (PUK) terdampak pandemi covid-19.

Sebanyak 29,1 juta orang diantaranya terdampak pada 2020 dan 19,1 juta orang pada 2021.

“Pemerintah telah menyiapkan beberapa program penanggulangan dampak pandemi di sektor ketenagakerjaan,” kata Ida pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR RI, Selasa 34 Agustus 2021.

Menurut Ida,bada empat program di sektor ketenagakerjaan, yakni program Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Banpres, Kartu Prakerja, dan program Padat Karya KL.

Secara total keempat program itu menargetkan sebanyak 62,13 juta penerima. Jumlah bantuan itu Sehingga, ia mengklaim bahwa melampaui jumlah orang terdampak covid-19.

“Artinya program pemerintah lebih banyak diberikan dari jumlah mereka yang terdampak pandemi, selisihnya 3 juta sampai 13 juta,” kata dia.

Selain memberikan bantuan untuk pekerja terdampak, Ida menyebut pihaknya juga menggencarkan perluasan pasar kerja ke luar negeri alias penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Kemnaker berusaha memperluas penempatan PMI ke sektor formal dengan menjajaki kesepakatan bilateral.

“Saat ini pemerintah sedang merampungkan nota kesepahaman atau MoU dengan Uni Emirat Arab (UEA) untuk memperluas kesempatan kerja bagi WNI” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed