Menanamkan Nilai Kejujuran di SMAN 5 Depok

Sebarkan :

 
SMAN 5 Depok

Kepala SMAN 5 Depok Achmad Zarkasih menunjukan piala yang diraih siswanya.

Depokrayanews.com- Nilai-nilai kejujuran yang selalu ditanamkan para orangtua pada anaknya sejak kecil, ternyata diterapkan di SMA Negeri 5 Kota Depok.

Tidak heran kalau kemudian Menteri Pendidikan Anies Baswedan (ketika itu) menobatkan sekolah yang terletak di kawasan Bukit Rivaria, Sawangan itu, sebagai sekolah terjujur dalam konteks pelaksanaan Ujian Nasional (UN)

Kepala SMAN 5 Depok, Achmad Zarkasih mengatakan, prestasi membanggakan itu diraih usai UN pada tahun 2015.

Saat itu, lembaga yang dipimpinnya dinilai sebagai sekolah dengan pelaksanaan UN dengan sebaran jawaban yang murni dari siswa.

“Tahun 2015 lalu Menteri Anies Baswedan memberikan penghargaan langsung pada Kota Depok, melalui Kepala Dinas Pendidikan,” kata Zarkasih

Ketika itu SMAN 5 Depok dirasa memiliki sebaran jawaban UN yang sangat beragam, sehingga dinyatakan sebagai sekolah terjujur.

Menurut Zarkasih, suatu kebanggaan tersendiri sekolahnya mendapat penghargaan tersebut. Penghargaan itu semakin memotivasi anak didiknya untuk senantiasa jujur.

Zarkasih selalu menekankan pada siswanya bahwa tujuan utama sekolah tidak sekadar mendapatkan nilai yang bagus.

“Kami mengedepankan pendidikan karakter pada anak-anak, tidak sekadar mengejar besarnya nilai bagus di rapor,” kata dia.

Prestasi lainnya di bidang non akademik, SMAN 5 Depok pernah juara 1 dalam kejuaraan futsal yang diikuti sejumlah sekolah di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

SMAN 5 Depok juga pernah meraih juara nasional pada lomba story telling yang digelar di kampus UIN dan ITB.

Tim dari SMAN 5 Depok juga pernah ikut jambore internasional di Malaysia dan menampilkan kebolehan dalam seni Tatra (tari tradisional) di Taiwan dan Bulgaria.

“Alhamdulillah dengan dorongan dan motivasi dari pihak sekolah, anak-anak didik kami berhasil membawa nama harum dan bisa membanggakan sekolah,” kata dia. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Calon Wakil Walikota Depok Afifah Alia: Tidak Boleh ada Pungli di Sekolah

Depokrayanews.com- Calon Wakil Walikota Depok Afifah Alia berjanji akan menghapus segala bentuk pungutan liar (pungli) ...