by

Mendagri akan Lantik 5 Pejabat Gubernur Kamis Besok, Ini Daftar Namanya

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dikabarkan akan melantik lima penjabat (pj) gubernur untuk lima provinsi yang pada Kamis 12 Mei 2022 besok.

Lima provinsi itu adalah provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat.

Masa jabatan gubernur di lima wilayah itu berakhir pada 12 Mei 2022. Sebagai penggantinya, pemerintah menunjuk penjabat gubernur hingga digelarnya Pilkada serentak 2024 mendatang.

Hanya saja sumber depokrayanews.com belum bersedia menyebutkan nama-nama lima pejabat gubernur yang akan dilantik itu. Tapi bocoran yang diterima menyebutkan, Sekda Banten Al Muktabar dikabarkan akan menjadi pejabat gubernur Banten setelah habis masa jabatan Wahidin berakhir 12 Mei 2022.

Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Paulus Waterpauw akan menjadi penjabat gubernur Papua Barat.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat.

Sementara itu, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Jamaludin sebagai Penjabat Gubernur Bangka Belitung. Dan Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Hamka Hendra Noer sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memastikan pelantikan penjabat gubernur yang digelar besok akan dipimpin Tito selaku Mendagri, bukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). “[Dilantik] oleh Mendagri,” kata Heru, Rabu 11 Mei 2022.

Penunjukan penjabat gubernur di sejumlah daerah ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan kekuasaan. Presiden Joko Widodo sebelumnya telah meminta jajaran menterinya agar menyiapkan penjabat pengganti gubernur, bupati, dan wali kota yang masa jabatannya habis pada 2022.

Jokowi mengatakan pada tahun ini terdapat 101 pengganti kepala daerah yang mesti disiapkan dengan rincian 7 gubernur, 76 bupati, dan 18 wali kota. (mad/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed