by

Mendagri Lantik Zudan Arif Jadi Sekretaris BNPP, Teguh Setyabudi Dirjen Dukcapil

DEPOKRARAYANEWS.COM– Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Muhammad Tito Karnavian melantik Zudan Arif Fakrulloh sebagai Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Rabu 15 Maret 2023.

Sebelumnya Zudan menjabat sebagai Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Posisi yang ditinggalkan Zudan sebagai Dirjen Dukcapil kemudian diisi oleh Teguh Seyabudi. Teguh juga dilantik bersamaan dengan pelantikan Zudan. Pejabat lain yang dilantik mendagri adalah Restuardy Daud sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri

Sebelumnya, Restuardy Daud menjabat sebagai Sekretaris BNPP, sedangkan Teguh Setyabudi sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Bina Bangda Kemendagri.

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan, pelantikan tersebut merupakan upaya penyegaran organisasi. Apalagi diketahui para pejabat yang dilantik telah menjabat dengan waktu lama. Menurut Mendagri, penyegaran diperlukan untuk menjaga tren kinerja organisasi di Kemendagri terus meningkat.

“Kita melihat bahwa meskipun kinerja tetap baik, tapi memang dalam satu organisasi tidak boleh terlalu lama karena nanti ada kecenderungan biasanya kalau terlalu lama, pertama kinerja bisa akan trennya kurvanya biasanya menurun,” kata Mendagri.

Mendagri mengapresiasi kerja keras yang telah ditorehkan masing-masing pejabat tersebut di organisasi sebelumnya. Zudan Arif Fakrulloh misalnya, dinilai telah berhasil membawa nama baik Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil semakin dikenal publik dengan performa positif yang banyak dirasakan berbagai instansi, baik di pemerintah maupun swasta.

Mendagri berpesan agar dalam menjalankan tugas di BNPP, Zudan dapat mendorong BNPP semakin dikenal publik dan semua stakeholders. “Dan Pak Zudan punya pengalaman di bidang itu,” katanya.

Mendagri juga berpesan kepada Restuardy untuk dapat mengoptimalkan program yang sejalan dengan program prioritas pemerintah. Hal tersebut seperti penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, wisata prioritas, hingga urusan tentang Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Sedangkan kepada Teguh Setyabudi mampu menjalankan tugas sebagai Dirjen Dukcapil Kemendagri. Menurutnya, Teguh merupakan salah satu pejabat dengan pengalaman panjang yang malang melintang. Untuk itu, Mendagri berpesan agar Teguh dapat mengoptimalkan terobosan yang ditorehkan Ditjen Dukcapil Kemendagri. Apalagi, peran Dukcapil cukup penting bagi beberapa instansi baik di swasta maupun pemerintah. “Jadi saya minta koordinasi dan komunikasi, konsultasi dan tentu kita semua akan membantu,” katanya. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *