by

Mendagri: Petahana yang Gagal Tangani Covid-19 Jangan Dipilih Lagi

Mendagri Tito Karnavian.

Depokrayanews.com- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan calon kepala daerah incumbent atau petahana yang tidak bisa menangani virus corona (covid-19) tidak perlu dipilih lagi pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Menurut Tito akan ada 220 calon petahana yang kembali maju pada Pilkada di 270 daerah kabupaten/ kota.

“Kepala daerahnya tidak efektif menangani Covid-19, ya jangan dipilih lagi, karena rakyat membutuhkan kepala daerah yang efektif bisa menangani persoalan Covid-19 di daerah masing-masing berikut dampak sosial ekonominya,” kata Tito di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin 22 Juni 2020.

Tito yakin isu tentang penanganan virus corona akan menjadi perhatian masyarakat luas pada pilkada kali ini. Setiap calon petahana diprediksi akan memiliki program untuk menangani virus corona beserta dampaknya.

Tito menilai para calon petahana akan berupaya keras untuk menanggulangi virus corona. Dia yakin elektabilitas para calon akan terpengaruh jika ada warganya yang menjadi korban virus corona.

“Kepala daerah akan sangat bersungguh-sungguh apalagi yang akan running lagi, kenapa, kalau daerahnya (zona) merah, apalagi ada korban meninggal dunia, itu akan menjadi amunisi bagi kontestan lain yang nonpetahana,” kata Tito.

Tito juga menilai ada dampak positif ketika virus corona menjadi isu sentral dalam pilkada kali ini.

Jika virus corona menjadi isu sentral, maka masyarakat tidak akan terbelah karena isu lain yang berpotensi menciptakan pembelahan akan tertutup dengan sendirinya. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *