by

Mendagri Tito Karnavian: Inflasi Bisa Picu Krisis Sosial dan Keamanan

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut kenaikan inflasi memiliki efek domino yang bisa mengancam keutuhan negara, karena bisa memicu krisis sosial dan keamanan.

Karena itu, kata Tito, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mewanti-wanti para pembantunya di jajaran Kabinet Indonesia Maju untuk mengantisipasi lonjakan inflasi.

“Kita tahu bahwa Bapak Presiden dalam berbagai kesempatan menyampaikan tentang perlunya kita melakukan langkah-langkah antisipatif untuk menangani inflasi,” kata Tito saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa 30 Agustus 2022.

Rakor itu sebagian juga diikuti kepala daerah secara virtual. Di Kota Depok, misalnya, rakor secara virtual diikuti Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, Sekda Kota Depok Supian Suri dan perwakilan dinas terkait.

Tito mengatakan inflasi yang terjadi saat ini di dunia cukup tinggi. Bahkan, ada negara-negara yang sudah mencapai hiperinflasi, sehingga terjadi krisis ekonomi yang akhirnya menimbulkan efek domino.

Menurut Tito jika terjadi krisis ekonomi, maka akan menimbulkan efek domino ke sektor-sektor lain, misalnya memicu krisis sosial hingga krisis keamanan. Akhirnya menimbulkan efek domino ke krisis sosial, pengangguran, harga yang mahal, penduduk yang makin miskin.

“Dan kemudian krisis keamanan dan bahkan kemudian krisis politik yang membuat jatuhnya pemerintah seperti dalam kasus Srilanka,” kata Tito menambahkan.

Negara yang ditimpa krisis multidimensi akan berjalan mundur. Tito menegaskan pemerintah tak ingin hal tersebut terjadi.

“Kita tidak ingin efek domino-efek domino tersebut terjadi, karena bila terjadi krisis sosial, keamanan, politik, akan membuat negara menjadi mundur bukan maju,” kata dia.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatat inflasi sebesar 4,9 persen pada Juli 2022 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy). Inflasi tahunan yang berada di atas 4 persen ini merupakan yang tertinggi sejak 2017.

Presiden Jokowi mengakui inflasi sedang menjadi momok bagi semua negara, termasuk Indonesia. Inflasi melonjak karena harga pangan dan energi meningkat drastis setelah perang Rusia-Ukraina.

Harga minyak mentah dunia bahkan sempat tembus US$100 per barel. Hal itu membuat harga BBM non subsidi dan avtur ikut meningkat. Alhasil, harga tiket pesawat semakin mahal. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *