by

Mendikbud: Dana BOS Rp 52,5 Triliun Segera Dikucurkan

Depokrayanews.com- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 52,5 triliun untuk dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahun 2021. Dana itu lebih kecil dibanding tahun 2020 yang mencapau Rp 54,32 triliun yang dibagikan kepada 45,4 juta jiwa.

“Di 2021 kita menyediakan dana BOS untuk 216 ribu satuan pendidikan dengan alokasi dana Rp 52 triliun. Dana itu akan disalurkan langsung melalui rekening sekolah,” kata Nadiem Makarim dalam akun YouTube Kemendikbud, Kamis 25 Februari 2021.

Menurut Nadiem, mulai tahun ini pihaknya telah mengubah mekanisme besaran santunan kepada siswa penerima BOS terutama soal besaran jumlah santunan BOS yang dibagikan akan bervariasi alias tidak seragam setiap daerah. Angkanya akan didasarkan pada letak atau keberadaan suatu daerah.

”Jadi nantinya siswa terutama yang berada di daerah terluar, tertinggal, atau di wilayah Timur bisa mendapat santunan lebih besar hingga angka Rp 1,9 juta. Jumlah itu meningkat dari besaran santunan yang diterima siswa pada 2020 sebesar Rp 900 ribu,” kata Nadim.

Menurut Nadiem, kebijakan itu mengacu pada indeks kebutuhan hidup di setiap daerah. Nadiem menyebut di beberapa daerah terutama di wilayah Indonesia Timur, mereka hidup dengan biaya di atas rata-rata lantaran ongkos distribusi yang mahal.

Nadiem mencontohkan, siswa di SD Inpres Tanah Merah, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur pada 2021 akan menerima 940 ribu atau meningkat 5-6 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 900 ribu. Atau, siswa di SD YPPK Sanepa Kabupaten Intan Jaya, Papua, akan menerima santunan BOS hingga 1,9 juta dengan peningkatan meningkat 117 persen. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed