by

Mendikbud Nadiem Makarim Beberkan 3 Dosa Dunia Pendidikan Indonesia

Mendikbud Nadiem Makarim.

DepokRayanews.com- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membeberkan ada tiga dosa di dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dosa-dosa itu sangat berdampak negatif bagi pelajar hingga tenaga pengajar.

Tiga dosa itu adalah, intoleransi, kekerasan seksual, hingga bullying. Dosa-dosa itu dipaparkan oleh Nadiem dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR.

“Itu saya pribadi ya. Buat saya ada tiga dosa. Dosa intoleransi, dosa kekerasan seksual, dan dosa bullying. Ini tiga dosa yang buat saya tidak bisa diterima sama sekali,” kata Nadiem di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 20 Februari 2020.

Menurut Nadiem, pihaknya tengah mencari cara untuk menangani dosa-dosa di dunia pendidikan. Tetapi, Nadiem menyadari bahwa menghilangkan dosa terdebut bukan hanya tugas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saja, melainkan juga kementerian dan instansi lainnya.

“Dan saya harus menemukan bagaimana formulanya karena ini bukan hanya di saya, tapi lintas kementerian dan lintas pemerintah pusat dan daerah. Bagaimana kita bisa bukan hanya penguatan karakter dan mengimbau dan melatih, tapi juga harus ada tindakan tegas yang bisa dilakukan di setiap jenjang terhadap tiga dosa ini,” kata Nadiem.

“Itu saya pribadi. Apa saya sebagai Kemendikbud bisa melaksanakan kebijakan itu? Belum tentu. Mungkin bukan tugas fungsinya saya. Itu yang mungkin harus dipertanyakan,” kata dia.

Menurut Nadiem, seharusnya intoleransi, kekerasan seksual, dan bullying tidak ada lagi, khususnya di dalam dunia pendidikan. “Tapi secara pribadi jangan ada yang pernah meragukan apa posisi saya mengenai tiga dosa. Itu udah kartu merah harusnya tiga dosa,” kata Nadiem. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *