by

Mengibarkan Bendera Merah Putih di Tengah Sungai Ciliwung

Komunitas Ciliwung mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih di tengah Sungai Ciliwung.
Komunitas Ciliwung mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih di tengah Sungai Ciliwung.

Depokrayanews.com- Komunitas Ciliwung Depok yang tergabung dalam Sekretariat Bersama (Sekber) Sahabat Ciliwung mengibarkan bendera merah putih di tengah Kali Ciliwung, Depok, Rabu (17/8/2016).

Upacara peringatan HUT RI itu diikuti puluhan relawan Komunitas Ciliwung Depok, anggota Mapala UI, jajaran Pemerintah Kota Depok, anggota kepolisian dan TNI, para pelajar serta sejumlah unsur lainnya.
Meski dilakukan di tengah sungai, upacara berlangsung cukup hikmat.

Ketua Komunitas Ciliwung Depok, Bayu Eko Nurtanto mengatakan pengibaran bendera di Sungai Ciliwiung untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI sudah tiga kali dilakukan.

“Kami ingin menarik minat masyarakat Depok agar lebih mencintai, menjaga dan merawat kebersihan Sungai Ciliwung,” katanya.

Menurutnya Sungai Ciliwung adalah aset bangsa yang harus dilestarikan. “Ini yang terpenting yaitu menjaga kelestarian sungai dan kebersihannya,” kata dia.

Sampai saat ini masih banyak orang yang membuang sampah ke sungai. Karenanya mereka memilih Sungai

“Itu makanya kami memilih Ciliwung sebagai tempat peringatan HUT RI, untuk pengibaran bendera. Supaya bisa mengajarkan ke masyarakat bahwa sungai itu bukan tempat untuk buang sampah,” katanya.

Kepala Diskominfo Kota Depok, M Fitriawan mengaku bangga dengan apa yang dilakukan Komunitas Ciliwung Depok.

“Ini adalah sesuatu yang positif dan menyadarkan kembali pentingnya keberadaan sungai dan kebersihan lingkungan,” kata Fitriawan.

Menurut Fitriawan masih banyak warga yang mengabaikan kebersihan sungai Ciliwung. Bahkan tak jarang sungai dijadikan tempat membuangan sampah.
“Dengan ini diharapkan kesadaran dan pemahaman warga bahwa sungai Ciliwung bukan tempat membuang sampah,” katanya. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed