by

Menhub: Tes GeNose Disiapkan di Bandara Mulai 1 April

Depokrayanews.com- Untuk mengurangi potensi penularan virus di transportasi umum, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan tes GeNose di bandara mulai 1 April 2021.

Selain sektor udara, tes GeNose juga akan dilakukan pada transportasi laut dan mulai diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok akhir minggu ini secara acak (random).

Perluasan penerapan GeNose bagi calon penumpang pesawat dilakukan setelah Kementerian Perhubungan mencermati penggunaan alat tes itu di kereta api.

“Di kereta api, animo masyarakat untuk menggunakan GeNose sangat bagus dan saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan GeNose. Untuk itu, kami melaporkan kepada Pak Menko tentang rencana itu, dan tentunya akan kami lakukan dengan hati-hati,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa 23 Februari 2021.

Menurut Budi, penerapan GeNose di simpul-simpul transportasi diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses terhadap alat pendeteksi (screening) covid-19 yang lebih terjangkau.

Guna menjalankan rencana itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah menggelar pertemuan dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menko PMK Muhadjir Effendy serta jajaran dan Peneliti UGM, pada Selasa 23 Februari 2021.

Selain berkomunikasi dengan para menko, Budi juga sudah meminta Ditjen Perhubungan Udara dan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub untuk mempersiapkan mekanisme dan SOP. Langkah itu diambil agar layanan tes bisa segera tersedia.

Muhadjir Effendy mendukung kehadiran GeNose di simpul-simpul transportasi. Menurutnya, GeNose merupakan produk dalam negeri dan memiliki kelebihan-kelebihan, seperti lebih mudah dan aman penggunaannya.

Dia juga menilai tingkat akurasi alat tersebut juga cukup tinggi. Untuk itu, ia berharap tes tidak hanya digunakan untuk perjalanan tetapi juga bisa digunakan di tempat lain. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *