by

Menjelang Pilkada Depok, KPU Lantik 5.358 Petugas Pantarlih

Depokrayanews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok melantik 5.358 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) pada Senin 24 Juni 2024.

Pelantikan itu dilakukan secara serentak oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di masing-masing kelurahan.

“Pelantikan serentak Pantarlih di 63 kelurahan ini merupakan langkah awal yang krusial untuk memastikan kelancaran dan keakuratan proses pemilihan,” kata Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin, Senin 24 Juni 2024.

Setelah dilantik, Pantarlih akan segera melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) data penduduk.

Pantarlih akan bertugas selama satu bulan, mulai dari 25 Juni hingga 25 Juli 2024. Selama periode itu, mereka akan berperan penting dalam membantu KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan PPS dalam menyusun daftar pemilih.

“Mereka melaksanakan coklit data penduduk dalam hal ini membantu KPU, PPK, dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih,” kata dia.

Dalam proses coklit, Pantarlih akan mengunjungi rumah-rumah penduduk untuk memverifikasi data pemilih. Setelah melakukan coklit, mereka akan memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih yang sudah terverifikasi.

Jumlah Pantarlih yang dilantik sebanyak 5.358 orang, disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Depok untuk Pilkada serentak 2024.

Setiap TPS diperkirakan akan melayani sekitar 400-500 pemilih, sehingga diperlukan satu atau dua Pantarlih per TPS untuk melakukan coklit data penduduk. Jumlah TPS di Depok untuk Pilkada 2024 sebanyak 2.739. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *