by

Menkes Budi Gunadi Sadikin Ingin Bangun Sistem Layanan Kesehatan Publik yang Kuat

Depokrayanews.com- Budi Gunadi Sadikin (BGS) ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan untuk mengatasi Covid-19.

“Kami ditugasi salah satunya untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus SARS-COV-2 ini,” kata Budi saat konferensi pers, Selasa 22 Desember 2020.

Dia mengatakan jika Covid-19 sudah bisa ditangani maka anak-anak dapat kembali bersekolah untuk belajar dan bertemu guru-gurunya. Kemudian pengusaha UKM bisa membuka kembali tokonya dan berdagang seperti biasa.

“Dan agar semua pekerja bisa datang kembali ke kantornya dan memulai hidupnya yang normal. Dan agar semua keluarga kita bisa kembali bersilaturahmi dengan sesama teman-teman dan keluarga mereka,” kata Mantan Dirut Bank Mandiri itu.

Namun hal itu, kata dia, tidak bisa dilakukannya sendiri. Dia mengatakan perlu gerakan bersama dari semua pihak untuk mengatasi hal ini.

“Kementerian Kesehatan tidak mungkin melakukannya secara eksklusif. Kita harus melakukannya secara inklusif. Dan kami percaya tidak cukup pemerintah membuat program-program pemerintah sendiri. Tapi ini harus memerlukan suatu gerakan yang dilakukan bersama-sama dengan seluruh rakyat Indonesia,” kata Mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Budi percaya jika semua pihak bersatu maka Indonesia bisa membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan siap mengatasi masalah SARS-COV-2. “Dan kita juga bisa mempersiapkan sistem layanan kesehatan publik yang siap, kuat, mumpuni. Agar generasi sesudah kita bisa menghadapi SARS-COV-3 atau SARS-COV-4 yang kita tidak tahu kapan datangnya,” katanya. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed