by

Menkes Perintahkan 34 Set ICU RSD Wisma Atlet Dipindah ke RSUI, Ada Apa ?

RSUI Depok

Depokrayanews.com- Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan 34 set intensive care unit (ICU) akan dipindahkan ke Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) di Depok, sebagai antisipasi masih tingginya kasus Covid-19 di Kota Depok.

“Rumah sakit yang ditunjuk adalah rumah sakit UI di Depok, karena kita ketahui di daerah itu masuk ke dalam kategori zona yang tinggi untuk kasus covid-19, baik itu dalam jumlah keseluruhan maupun jumlah kemungkinan kasus yang berat, yang perlu penanganan ICU,” kata Ratmono dalam konferensi pers di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu 26 September 2020.

Menurut Ratmono, di RS Wisma Atlet selama ini ada 39 set ICU. Namun atas perintah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, sebagian besar ICU itu harus dipindahkan ke RSUI.

Dengan demikian, jumlah ICU yang tersisa di RSD Wisma Atlet hanya lima set. Dia meyakini, meski jumlah terbatas pihaknya tetap bakal melayani pasien corona yang kondisi kesehatannya menurun sebelum akhirnya dipindahkan ke rumah sakit rujukan.

“Keberadaan lima set ICU ini sangat penting untuk di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet ini,” kata dia.

Ratmono meminta pemindahan set ICU itu tidak dibumbui dengan isu-isu miring. Sebab sebelumnya sempat tersiar kabar kalau pemindahan ICU itu dilakukan sebagai imbas dari konflik yang terjadi antara Terawan dengan dokter-dokter di Wisma Atlet. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *