by

Menkes Sebut 7 Daerah di Sumatra dan Kalimantan Rawan Covid-19 Varian Delta

Depokrayanews.com- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta lima provinsi di Pulau Sumatera dan dua di Kalimantan supaya mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, menyusul makin tak terkendalinya infeksi virus Corona, khususnya varian Delta.

“Kami sudah lihat ada lima provinsi di Sumatera dan dua provinsi di Kalimantan yang harus hati-hati, agar kita bisa mempersiapkan dengan baik,” kata Budi seperti dilansir Tempo, Selasa 6 Juli 2021.

Ketujuh daerah itu adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Menurut Budi, sejauah ini pemerintah telah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus di sana. “Kami juga sudah mencoba mengantisipasi karena delta ini naiknya sangat cepat,” kata Budi.

Varian Delta alias varian Covid-19 jenis mutasi B1617 pertama kali ditemukan di India. Dari empat varian baru yang berkembang, varian Delta dinyatakan sebagai paling berbahaya, dengan daya tular 97 persen lebih tinggi. Diikuti oleh varian Gamma (Brasil) 38 persen, Alpha (Inggris) 29 persen, dan Beta (Afrika Selatan) 25 persen.

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *