by

Menkes Siapkan Anggaran Khusus untuk Tangani Virus Corona

Menkes Terawan Agus Putranto

DepokRayanews.com- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan Kementerian Kesehatan telah menyiapkan anggaran khusus dalam menangani Virus Corona. Hal ini disiapkan apabila Virus Corona mewabah di Indonesia dan mengakibatkan sejumlah masyarakat terinfeksi.

Hal tersebut dikatakan Menkes Terawan saat menanggapi pertanyaan apakah penyakit akibat virus Corona bakal ditanggung oleh BPJS Kesehatan atau tidak.

“Yang penting yang jelas saja, ada anggaran dari Kementerian Kesehatan untuk kondisi seperti ini dan gak usah khawatir makanya semua yang kita rawat itu mereka tenang,” kata Menkes Terawan di Kompleks DPR/MPR Senayan, Jakarta, Selasa 28 Januari 2020.

Menkes tidak merinci berapa anggaran yang disiapkan guna menangani Corona apabila masuk ke Indonesia. Ia hanya menyebutkan bahwa anggara itu nantinya diambil berdasarkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran atau DIPA.

“Jadi begini saya sebagai menteri kesehatan sudah memperkirakan kalo akan ada hal-hal yang akan terjadi, maka ada anggarannya. Dan, loh kok terjadi? Yo tenang saja karena kita sudah planning kan dengan baik,” terangnya.

Sebelumnya terkait dengan pencegahan virus corona, Menkes Terawan menekankan pentingnya daya tahan tubuh atau imunitas dalam menghalau berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus. Hal tersebut ia utarakan saat berpidato dalam acara Hari Gizi Nasional, di Lapangan Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa 28 Januari 2020.

“Pusat imunitas ketahanan tubuh ada pada usus. Kalau pencernaan baik karena konsumsi gizi yang seimbang, maka imunitas kita juga tinggi. Sehingga kita tidak perlu takut dengan virus,” kata Menkes Terawan di dapan peserta upacara Peringatan Hari Gizi Nasional.

Imunitas yang baik, kata Menkes Terawan, dapat diperoleh lewat konsumsi gizi seimbang yang baik dan melakukan gaya hidup sehat dan bersih.

Ia juga menekankan pentingnya melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh.
“Tetap lakukan olahraga, tidak usah yang berat-berat, yang ringan-ringan saja dulu, yang penting bergerak,” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *