by

Menkeu: Anggaran Perjalanan Dinas akan Diperketat Lagi

Menkeu Sri Mulyani

Depokrayanews.com- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sepakat dengan catatan fraksi PKB dan PKS DPR RI soal borosnya anggaran untuk perjalanan dinas pegawai negeri sipil (PNS) pemerintah pusat.

Saat menyampaikan pokok-pokok tanggapan pemerintah terhadap pandangan DPR mengenai rancangan Undang-Undang pelaksanaan APBN 2019, Sri Mulyani mengatakan hal itu akan menjadi bahan evaluasi dalam penyusunan belanja pemerintah.

“Terkait dengan belanja barang berupa belanja perjalanan dinas, pemerintah sependapat dengan perlunya peningkatan efektivitas pelaksanaan penghematan belanja perjalanan dinas,” kata Sri Mulyani dalam rapat paripurna DPR, Selasa 25 Agustus 2020.

Menurut Sri Mulyani, belanja perjalanan dinas akan lebih dipertajam sesuai dengan urgensinya sehingga kegiatan perjalanan dinas dapat lebih efisien dan efektif sesuai kebutuhan.

Selain perjalanan dinas, Sri Mulyani menyampaikan, pemerintah akan terus berupaya melakukan efisiensi dan efektivitas belanja terutama pada pengendalian belanja honorarium dan paket meeting PNS.

Terkait dengan belanja barang untuk diserahkan kepada masyarakat dan/atau pemerintah daerah, pemerintah saat ini sedang melakukan identifikasi dan monitoring atas proses pemindahtanganan barang untuk diserahkan kepada masyarakat tersebut.

Selanjutnya penelusuran atas barang yang berasal dari belanja juga dilakukan dengan tujuan untuk diserahkan ke masyarakat. (mad/cnn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *