by

Menkeu Sri Mulyani Kesal Anggaran Pemda Habis untuk Bayar Gaji

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan kekesalannya kepada kepala daerah mulai dari gubernur hingga bupati/walikota karena anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) banyak dihabiskan untuk bayar gaji pegawai negeri sipil (PNS).

Padahal, kata Sri Mulyani, yang penting untuk pertumbuhan ekonomi adalah belanja modal karena belanja modal diperlukan untuk pembangunan infrastruktur dasar terutama di daerah.

“Belanja pegawai naik terus, belanja barang melonjak tinggi, belanja modal relatif stagnan bahkan menurun,” kata Sri Mulyani dalam Rakornas Kemendagri, Kamis 16 Juni 2022.

Menurutnya, selama ini setiap pemerintah pusat mengirimkan anggaran ke daerah, digunakan paling cepat untuk membayar gaji. Program lain yang lebih penting justru dikesampingkan. “Bapak ibu sekalian lihat begitu menerima transfer dari pusat langsung gampang bayar gaji aja,” kata Ani, sapaan Sri Mulyani.

Padahal selama ini pemerintah berharap belanja yang diberikan bisa digunakan untuk hal yang bernilai tambah dan berguna bagi masyarakat, seperti mengurangi kemiskinan di daerah.

“Kenapa belanja modalnya kurang? Padahal rakyat saya masih membutuhkan infrastruktur dasar, padahal masih ada kemiskinan, padahal masih ada daerah yang belum punya MCK memadai, kenapa nggak dipakai untuk itu? Dan tentu dalam hal ini serapan belanja di daerah masih menghadapi kendala,” jelasnya.

Dengan kondisi itu, Ani menekankan agar pemda bisa kembali memikirkan komposisi belanjanya. Dengan demikian, belanja modal bisa ditingkatkan.

“Kalau bapak ibu (kepala daerah) lihat belanja modal mengecil, kita enggak akan bisa mengejar ketertinggalan. Artinya bapak ibu harus menjaga komposisi belanja ini,” kata dia. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *