by

Menkeu Ungkap Postur Belanja Kementerian/lembaga: Belanja Pegawai Naik, Belanja Barang Turun

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan belanja kementerian/lembaga didominasi oleh belanja pegawai. Dalam hal ini, belanja digunakan untuk membayar gaji hingga tunjangan kinerja (tukin) Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hingga akhir Mei 2022, realisasi belanja Kementerian/Lembaga (K/L) sudah mencapai Rp 319,2 triliun. Dari jumlah itu, sebesar Rp 101,1 triliun digunakan untuk belanja pegawai.

Belanja pegawai itu, digunakan untuk dua pos yakni pembayaran gaji dan tunjangan PNS sebesar Rp 67,3 triliun dan pembayaran tukin, honorarium hingga lembur PNS sebesar Rp 33,8 triliun. Pembayaran gaji ini meningkat dibandingkan 2021.

“Ada kenaikan 4,7 persen belanja pegawai ini, terutama untuk gaji dan tunjangan 1,7 persen, tukin dan honor naik 11,3 persen,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Kamis 23 Juni 2022.

Kenaikan pembayaran gaji dan tukin (tunjangan kinerja) ditopang oleh pemberian tunjangan hari raya (THR) kepada PNS pada bulan Mei lalu.

“Ini akibat THR yang tahun ini dibayarkan memasukkan 50 persen tukin sehingga ini menunjukkan ada kenaikan belanja pegawai terutama karena adanya THR,” kata dia.

Sementara itu, belanja barang justru turun Rp 17,2 triliun menjadi Rp 109,6 triliun dari sebelumnya di akhir Mei 2021 terealisasi senilai Rp 132,4 triliun. Ini terutama karena penurunan dari belanja Kementerian Kesehatan karena melandainya kasus covid-19.

“Untuk belanja barang, dari dana PC PEN sampai Mei hanya Rp25 triliun. Tahun lalu Rp38,8 triliun. Ini karena covid-19 makin turun,” kata dia. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *