by

Menko Airlangga Hartarto: Pekerja Bergaji di Bawah Rp 3,5 Juta dapat BLT Rp 1 Juta

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji sebesar Rp 1 juta bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta.

“Ada program baru yang diarahkan pak presiden yaitu bantuan subsidi upah untuk gaji yang di bawah Rp 3,5 juta, besarnya Rp 1 juta per penerima,” kata Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Selasa 6 April 2022.

Menurut Airlangga, jumlah pekerja yang akan menerima BLT itu sebanyal 8,8 juta orang. Dengan demikian, total dana yang akan dikuncurkan pemerintah sebanyak Rp 8,8 triliun.

Selain itu, pemerintah juga akan melanjutkan program bantuan sosial lain pada 2022. Salah satunya Kartu Sembako yang akan diberikan kepada 18,8 juta penerima. Pemerintah juga akan menambah jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 2 juta.

Sebelumnya, pemerintah telah memberikan BLT minyak goreng sebesar Rp 100 ribu per bulan untuk masing-masing penerima. Bantuan akan diberikan secara sekaligus tiga bulan dengan total Rp 300 ribu per penerima. Airlangga berharap semua dana itu bisa cair pada ramadan ini.

Selain melanjutkan program bantuan yang sudah ada, pemerintah juga menyiapkan program bantuan lain. Misalnya, bantuan untuk usaha mikro sebesar Rp 600 ribu per penerima kepada 12 juta penerima.

“Tadi juga ada usulan dari bantuan presiden untuk usaha mikro yang nanti akan juga diagendakan, besarannya Rp 600 ribu per penerima,” jelas Airlangga. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *