by

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Terpilih Jadi Tokoh Pemulihan Ekonomi

DEPOKRAYANEWS.COM– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto terpilih jadi tokoh pemulihan ekonomi pada ajang Rakyat Merdeka Awards 2022.

Sejumlah kebijakan Airlangga Hartarto dinilai membawa Indonesia pulih dengan cepat pada masa pandemic Covid-19.

Kebijakan itu bahkan diadopsi menjadi best practice bagi negara-negara lain dalam merumuskan kebijakan terkait pandemi.

Apa kata Airlangga Hartarto setelah menerima penghargaan itu ?

“Penghargaan yang diterima merupakan hasil kerja sama dan dukungan seluruh pihak dengan berdasarkan pada arahan Presiden,” kata Airlangga setelah menerima penghargaan itu, Rabu 28 September 2022.

Karena itu Airlangga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh stakeholders baik dari kalangan Pemerintah maupun masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada Presiden, Pemerintah Daerah, tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan masyarakat atas sinerginya serta kepada seluruh anggota kabinet yang telah bersama-sama dengan Presiden, parlemen, dan stakeholders termasuk media untuk menangani pandemi,” kata Airlangga.

Menurut Ketua Umum DPP Partai Golkar itu, lebih dari dua tahun Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, Pemerintah berhasil menjalankan penanganan Covid-19 secara baik karena bagi masyarakat ini bukan hanya pandemi Covid-19 namun juga menjadi pandemi ekonomi.

Pemerintah, kata dia, telah berupaya melakukan langkah-langkah extraordinary dengan mengimplementasikan people-first policy untuk memperhatikan live and livelihood seluruh masyarakat.

Berbagai langkah tersebut mulai dari penetapan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 sebagai game changer dalam mengakselerasi APBN guna menangani dampak pada berbagai sektor, hingga penetapan Undang-Undang Cipta Kerja sebagai akselerator dalam mendorong peningkatan investasi di masa pandemi.

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut, Indonesia memperoleh apresiasi atas kemampuannya dalam mengendalikan inflasi dan pertumbuhan ekonomi dari harian bergengsi Financial Times sebagai salah satu negara yang termasuk dalam Seven Economic Wonders of the Worried World bersama Vietnam, India, Yunani, Portugal, Saudi Arabia, dan Jepang.(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *