Menkominfo Menegaskan Badan Siber Nasional Tak Awasi Sektor Privat

Sebarkan :

 
menkominfo-akui-lebih-sulit-hapus-situs-teroris-daripada-pornografi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara

Depokrayanews.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, fungsi Badan Siber Nasional (Basinas) yang akan dibentuk pemerintah bukan untuk mengawasi sektor privat atau ranah pribadi.

Ia mengatakan, Basinas dibentuk dengan tujuan untuk membentengi sektor vital di Indonesia yang kini tengah mengalami era digitalisasi. Ketiga sektor tersebut yakni perbankan, transportasi, dan energi.

“Kalau mengacu pada dunia yang demikian, rasanya kan tidak mungkin orang beli tiket pesawat di biro travel dan semuanya dilakukan secara manual, semua sudah digital,” kata Rudiantara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

“Makanya Badan Siber Nasional bukan mengawasi sektor privat,” kata dia.

Apalagi, kata Rudiantara, Indonesia setiap detiknya kerap diserang malware. Karena itu Indonesia memerlukan proteksi digital yang terintegrasi agar sektor pelayanan publik yang vital tetap terlindungi.

Ia menambahkan, dengan adanya proteksi siber yang terintegrasi, maka pemerintah bisa segera memitigasi serangan siber yang datang.

“Makanya Badan Siber Nasional itu tak ada kaitan dengan memberangus. Tapi untuk melindungi sektor vital yang sudah didigitalisasi. Ini untuk sektor publik, bukan privat,” tutur dia.

Pernyataan senada sebelumnya telah diucapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Wiranto menampik isu bahwa Basinas yang segera dibentuk akan mencampuri ranah privat pengguna Internet.

“Tidak usah khawatir badan siber akan mencampuri urusan internal masing-masing perusahaan atau perseorangan, seperti isu yang beredar. Tidak akan memonitor pembicaraan perorangan secara pribadi,” ujar Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Kamis (5/1/2017).

(kompas).


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara Membuat Messenger Rooms Melalui WhatsApp Web

Depokrayanews.com- Platform panggilan video milik Facebook, Messenger Rooms telah terintegrasi dengan WhatsApp versi Web. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp Web ...