by

Menpora: Piala Dunia U-20 Jadi Perhatian Utama Pemerintah

Menpora Zainudin Amali minta PSSI menjadi pelaksana Piala Dunia U-20 terbaik.

Depokrayanews.com- Menteri Pemuda Olahraga, Zainudin Amali menyebut, pelaksanaan Piala Dunia U-20 jadi perhatian utama pemerintah. Karenanya, PSSI diminta menjadi tuan rumah terbaik Piala Dunia U-20 tahun depan.

“Saya harapkan seluruh bangsa Indonesia mendukung dan menyukseskan hajatan sepak bola Piala Dunia U-20 tersebut. Kita harus bangga mendapatkan kepercayaan dari FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia,” kata Menpora Zainudin pada Kongres Biasa PSSI 2020 di Kuta Bali, Sabtu 25 Januari 2020.

Ia mengatakan dalam penyelenggaraan hajatan piala dunia tersebut, pemerintah sangat mendukung, karena ajang tersebut belum tentu bisa menyelenggarakan 20 tahun mendatang. Kesempatan kali ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menjadi tuan rumah yang baik dan harus sukses.

“Dipercaya menjadi tuan rumah piala dunia tidaklah mudah, karena itu segala persiapan harus secara matang. Dan pihak FIFA akan melakukan verifikasi tempat atau stadion yang memenuhi persyaratan untuk pertandingan sepak bola bertaraf internasional itu,” kata Zainudin.

Dikatakan suksesnya ajang sepak bola tersebut adalah pertaruhan, bukan saja dari PSSI, tetapi juga atas nama bangsa Indonesia di dunia internasional. “Untuk kegiatan sepak bola Piala Dunia U-20 tersebut, Bapak Presiden Joko Widodo sudah berkirim surat ke Presiden FIFA yang menyatakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Tahun 2021 tinggal setahun lagi. Namun kalau dirunut dengan padatnya persiapan, harus segera ada kepastian dari FIFA mengenai stadion yang akan ditetapkan pada kompetisi tersebut.

Terkait pemakaian stadion untuk Piala Dunia tersebut, Iriawan menyatakan bahwa FIFA hanya merekomendasikan empat stadion saja, sedangkan PSSI awalnya mengusulkan 10 stadion dan akhirnya diambil jalan tengah enam stadion.

“Keputusannya nanti saat utusan FIFA datang ke Indonesia sekitar akhir bulan ini, enam stadion itu semuanya sangat memenuhi syarat dan FIFA nanti akan melihat stadion itu, termasuk verifikasi persyaratan yang harus dilengkapi,” katanya. (antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *