by

Menteri BUMN Erick Tohir: Indonesia tidak Boleh Fakir dalam Industri Kesehatan

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Indonesia tidak boleh menjadi fakir dalam sektor industri kesehatan. Tapi sebaliknya, Indonesia harus menjadi contoh dunia dalam ilmu kesehatan maupun teknologi kesehatan.

“Kita tidak bisa diposisikan seperti ke depannya dimana kita menjadi fakir untuk penemuan sains ataupun industri kesehatan secara menyeluruh. Makanya. bagaimana transformasi dilakukan di Kementerian Kesehatan dan kami juga mendukung transformasi,” kata Erick dalam konferensi pers virtual, Kamis 9 Juni 2022.

Menurut Erick, pandemi covid-19 mengajarkan Indonesia bagaimana pentingnya membangun sistem kesehatan yang baik untuk kemandirian bangsa. Sehingga, tak perlu lagi bergantung dari impor.

“Di Kementerian BUMN dilakukan transformasi mendorong agar kita tidak terus bergantung dengan negara lain, dalam konteks bahan baku obat dan kesehatan masyarakat secara menyeluruh,” kata dia.

Erick bahkan ingin Indonesia memiliki fasilitas kesehatan yang mumpuni, sehingga masyarakat tidak perlu berobat sampai ke luar negeri.

“Kita ingin membuat masyarakat percaya pada sistem kesehatan yang dibangun di dalam negeri maupun terobosan-terobosan yang kita punya seperti vaksin sendiri,” kata dia.

Erick berharap vaksin BUMN yang tengah dilakukan uji klinik tahap tiga bisa segera diselesaikan agar memperoleh izin EUA dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Saat izin keluar, maka proses produksi bisa segera dilakukan. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed