by

Menteri PANRB Sebut PNS Sibuk Siang Malam Tapi Hasilnya Gak Terasa

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya akan fokus mendigitalisasi layanan birokrasi supaya lebih cepat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Hal itu dilakukan karena Presiden Joko Widodo sering kali mengeluhkan layanan birokrasi yang diberikan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lambat, meskipun mereka bekerja siang dan malam, serta selalu terlihat sibuk bekerja.

“Bapak Presiden sering sampaikan birokrasi ini sibuk dari pagi sampai malam, tapi dampaknya enggak terasa untuk rakyat,” kata Azwar di acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2023-2024 di Jakarta, Selasa 20 Desember 2022.

Presiden Jokowi sering mengatakan bahwa kini bukan waktunya birokrasi berkutat dengan tumpukan kertas, melainkan mengalihkan seluruh layanannya secara digital supaya lebih cepat dan transparan.

Karena itu, Presiden Jokowi minta rapor bagi para pemberi layanan birokrasi harus diberikan setiap minggu, bukan lagi bulanan seperti yang dilakukan saat ini supaya para birokrat tahu apa yang harus dikerjakan dan bagaimana hasilnya.

“Maka sering saya sampaikan ke Pak Gubernur dan Bupati, sudah saatnya membuat rapat kinerja bukan lagi bulanan, tapi mingguan,” kata Azwar.

“Waktu saya ditunjuk jadi Kepala LKPP saya mengerjakan itu, setiap Jumat saya buat rapor kinerja, dari situ tahu siapa mengerjakan apa dan hasilnya apa. Karena kalau enggak ditarget birokrasi sibuk tapi hasilnya tidak terukur,” kata Mantan Bupati Banyuwangi itu.

Presiden Jokowi menurut Azwar juga terus menekankan birokrasi harus lincah dan cepat dalam bekerja. Sebab, dia menilai, yang ada di kepala para birokrat saat ini adalah memperlama pekerjaan yang sudah menjadi tugasnya.

“Karena kalau bisa 1 minggu dikerjakan kenapa harus 3 bulan, sedangkan teman-teman sekarang kalau bisa lambat kenapa dipercepat, ini arahan Pak Presiden,” kata dia.

Karena itu, digitalisasi menjadi target reformasi birokrasi yang terus dikerjakannya. Dengan demikian, ia menilai jika digitalisasi ini jalan akan banyak hal yang bisa dikerjakan, termasuk terkait pencegahan korupsi. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *