by

Menteri PUPR: Banjir Jakarta Tanggung Jawab Bersama

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono

DepokRayanews.com- Banjir kembali menggenangi sejumlah wilayah di Jakarta setelah ibu kota diguyur hujan deras sejak Senin 24 Februari 2020 malam hingga Selasa 25 Februari 2020 siang. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan banjir di DKI Jakarta yang terjadi pada Selasa 25 Februari 2020 merupakan tanggung jawab bersama.

“Kalau soal ibu kota negara semua bertanggung jawab termasuk saya, jangan dibeda-bedakan kewenangan karena ini ibu kota negara, yang penting jangan ada duplikasi pekerjaan. Pompa mana saja datang duluan karena ini ibu kota negara kewenangan kan hanya untuk sistematika saja tapi kondisi darurat banjir kita bersama,” kata Basuki di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 25 Februari 2020.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga telah mengingatkan masyarakat agar waspada dengan segala potensi hujan lebat dalam waktu lama di banyak daerah di Indonesia. Termasuk, kawasan Jabodetabek pada 25-28 Februari 2020.

“Saya sudah persiapkan juga pompa-pompa mobile lebih banyak. Saya minta juga Pak Erick, Menteri BUMN, agar BUMN Karya membeli pompa-pompa mobile lalu jadi aset mereka tapi saat begini akan jadi aset bersama,” kata Basuki.

Basuki pun mengakui sebelumnya pemerintah pusat sudah memberikan sejumlah pompa kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. “Pompa-pompa yang sebelum ini terkait jalan nasional kita serahkan semua, pada saat Gubernur Anies ini kita serahkan agar beliau bisa di-manage di satu tangan,” kata dia.

“Pompa dari APBN ada 104 sistem pompa, Pluit, Ancol, Melati, Karet, semua APBN kita serahkan supaya dikelola mereka, kita mau bangun lagi di Kali Item enggak masalah,” kata Basuki.

Terulangnya banjir di Jakarta kali ini, menurut Basuki, adalah karena sistem drainase. “Kalau menurut saya banjir Jakarta sekarang ini yang tadi pagi kondisi sungainya yang status Siaga 2 di Manggarai dan Karet yang lainnya masih 4 dan 3. Kesimpulannya kapasitas drainasenya yang lebih kecil dari volume air dan kapasitas hujannya,” kata Basuki.

Untuk mengurangi besaran air yang masuk ke drainase Jakarta, Basuki mengaku sudah menyiapkan skenario di Kali Sentiong. “Kami membuat pompa di hilir pompa Ancol di Mali Sentiong karena sekarang open makanya kalau pasang Kali Item banjir, sekarang sudah tender dan mau dibikin pintu kalau air laut pasang tidak bisa lagi masuk. Mudah-mudahan tahun depan sudah selesai karena pompanya besar sekali, tapi saya lupa kapasitanya sekitar Rp 400-500 miliar biaya konstruksinya,” kata Basuki.

Sedangkan mengenai banjir di Kemayoran, Jakarta Pusat, Basuki mengaku sudah melakukan review sistem drainase termasuk dengan memperbesar embung Kemayoran. “Tapi saya kira yang perlu kita sentuh sekarang drainase minimal harus dibersihkan semua,” tegas Basuki.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas SDA DKI Jakarta di Pos Pantau Manggarai, ketinggian air di Pintu Air Karet masih setinggi 690 sentimeter dengan status Siaga 1. Sedangkan untuk kondisi Pintu Air Manggarai hingga saat ini Pos Pantau Manggarai mencatat ketinggian air masih 915 sentimeter atau berstatus Siaga 2.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta hingga pukul 12.00 WIB mencatat ada 40 titik evakuasi yang dibangun di fasilitas-fasilitas umum di Provinsi DKI Jakarta dengan total pengungsi sebanyak 973 KK, 3.565 jiwa yang berada di 40 lokasi pengungsian itu.

Hingga saat ini, BPBD DKI mengatakan banjir yang kembali melanda Jakarta berasal dari curah hujan yang tinggi hingga ekstrem dengan ukuran sebesar 278 mm/ hari. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan hingga saat ini seluruh jajarannya yang berada di Pemprov DKI Jakartafokus menangani masalah banjir yang menyebabkan warga harus dievakuasi.
(antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *