by

Mentimun Ampuh untuk Asam Urat dan Hipertensi

DEPOKRAYANEWS.COM- Kadang mentimun dianggap remeh. Banyak yang tidak mau mengonsumsi dengan alasan makanan murahan. Padahal manfaat mentimun sangat banyak untuk kesehatan.

Bukan sekedar enak dilalap dan. Mentium sangat bagus untuk menghilangkan hipertensi dan asam urat.

Penyakit asam urat termasuk radang sendi (arthritis) dengan gejala nyeri, bengkak dan peradangan pada sendi. Seperti dilansir dari Healthline, gejala asam urat muncul saat terlalu banyak asam urat (uric acid) dalam darah.

Mentimun salah satu makanan yang disarankan bagi penderita asam urat.

Berikut beberapa alasan mentimun baik buat asam urat.

1. Rendah purin
Makanan jadi salah satu penyebab asam urat kambuh terutama makanan yang tinggi kandungan purin. Suatu makanan dianggap tinggi kandungan purin jika ada lebih dari 200 mg purin per 100 g pangan.

Mentimun adalah salah satu makanan yang rendah purin dan aman dikonsumsi penderita asam urat. Seperti dilansir dari Livestrong, mentimun hanya mengandung 7,3 mg purin tiap 100 g sajian.

2. Membantu mengeluarkan kelebihan asam urat
Mentimun tinggi kandungan air sehingga mampu menghidrasi tubuh. Kandungan air pada timun pun bisa membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Asam urat yang menumpuk di tubuh pun ‘dibilas’ dengan air. Kandungan seratnya juga membantu menyehatkan pencernaan.

3. Detoks buat ginjal
Timun bisa membantu detoksifikasi ginjal, hati, dan mengurangi kadar asam urat dalam darah. Fungsi detoksifikasi ini didapat dari kandungan potasium dan fosfor. Keduanya juga akan meningkatkan fungsi ginjal terutama fungsi membuang racun tubuh.

Seperti dilansir dari Times of India, mentimun untuk asam urat bisa dikonsumsi sebagai jus dengan menambahkan perasan jeruk nipis. (ril/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *