by

Menu Buka Puasa Hari Ini: Es Selendang Mayang

-Kuliner-150 views
Es selendang mayang

Depokrayanews.com- Selain es buah, es selendang mayang juga sangat menyegarkan jika dijadikan sebagai menu untuk takjil. Mungkin bagi Anda yang bukan warga Jakarta kurang familier dengan menu takjil yang satu ini.

Es selendang mayang merupakan minuman tradisional asli Jakarta yang terbuat dari tepung hunkwe yang dicampur dengan air dan sagu tani. Selain nikmat dijamin sangat menyegarkan, apalagi diminum saat berbuka puasa.

Adonan tepung diberi pewarnan merah dan hijau. Lalu untuk kuahnya sendiri kebanyakan berasal dari air rebusan daun pandan, gula merah, dan santan. Penasaran? Yuk kita coba membuatnya:

Bahan-bahan:

Tepung sagu tani – 100 gram
Tepung hunkwe – 100 gram
Air – 1 liter

Saus Gula:
Air – 200 ml
Gula merah – 200 gram
Daun pandan – 1 lembar

Kuah Santan:
Santan – 500 ml
Garam – 1 sdt
Daun pandan – 1 lembar

Lainnya:
Pewarna makanan hijau – secukupnya
Perwarna makanan merah – secukupnya
Es batu – secukupnya

Cara membuatnya:

Siapkan loyang. Alasi permukaannya dengan plastik. Sisihkan.

Dalam wadah, campur bahan selendang mayang dan aduk sampai merata. Bagi adonan jadi 3 bagian lalu beri satu bagian pewarna hijau, beri satu bagian pewarna merah, dan biarkan satu bagiannya tetap berwarna putih.

Masak adonan warna merah dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup dan adonan terlihat jadi bening. Tuang ke dalam loyang. Sisihkan.

Masak adonan warna putih dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup dan adonan terlihat jadi bening. Tuang ke dalam loyang di atas adonan merah. Sisihkan.

Masak adonan warna hijau dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup dan adonan terlihat jadi bening. Tuang ke dalam loyang di atas adonan putih. Sisihkan dan biarkan mengeras.

Dalam panci, campur semua bahan saus gula. Masak hingga mendidih dan gula larut. Angkat dan sisihkan.

Dalam panci, campur semua bahan kuah santan. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk. Angkat dan sisihkan.

Keluarkan selendang mayang dari loyang dan potong-potong kotak sesuai selera.

Tata selendang mayang dalam gelas saji. Tuang kuah santan dan saus gula. Beri es batu.

Es selendang mayang segar siap disajikan.

Sumber: resepkoki

Catatan: Redaksi menerima tulisan Resep Kuliner dari pembaca selama bulan ramadan. Utamakan kuliner yang cocok disantap untuk berbuka puasa. Jangan lupa sertakan foto diri anda sambil memegang masakan olahannya. Tulisan bisa diemal ke: evand212@yahoo.com atau di WA ke 0811843992

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed