by

Menyedihkan, Italia Akhirnya Gagal Ikut Piala Dunia 2018

Pemain Timnas Italia tampak lemas begitu gagal mengalahkan Swedia sehingga Italia gagal ikut Piala Dunia di Rusia 2018 mendatang. (reuter)
Pemain Timnas Italia tampak lemas begitu gagal mengalahkan Swedia sehingga Italia gagal ikut Piala Dunia di Rusia 2018 mendatang. (reuter)

Depokrayanews.com- Penggemar Timnas Italia harus menerima kekecewaan. Ini karena pertama kali dalam 60 tahun terakhir, Italia tidak tampil di Piala Dunia 2018,

Para penggemar Italia, tidak akan melihat bagaimana kiper sekelas Gianluigi Buffon berjibaku di bawah tiang gawang.

Fans Azzurri juga akan tidak melihat kegigihan Ciro Immobile sebagai striker dan tidak ada lagi bek tangguh seperti Giorgio Chiellini dan Leonardo Bunucci di Piala Dunia Rusia 2018 nanti.

Kondisi ini terjadi karena Italia gagal sejak kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa. Mereka harus bermain play off karena gagal bersaing dengan Spanyol dan hanya runner-grup.

Di laga play off mereka juga gagal dan disingkirkan Swedia dengan agregat 1-0.

Pasalnya di leg pertama di kandang Swedia di Stadion Frend Arena pekan lalu, Italia kalah 1-0. Berharap bisa membalikkan keadaan di leg kedua di kandangnya, Selasa (14/11/2017) dinhari WIB nyatanya Buffon dan kawan-kawan harus menelan pil pahit.

Pada laga yang dihelat di San Siro Milan, Italia hanya mampu bermain imbang 0-0. Padahal mereka jika ingin lolos wajib menang 2-0

Oleh karena itulah sebetulnya sejak menit awal Italia langsung menekan pertahanan Swedia. Mereka ingin mencari gol cepat untuk meruntuhkan moral Swedia. Namun barisan bertahanan Swedia sangat solid dan sulit ditembus pemain-pemain tuan rumah.

Peluang Italia tercipta pada menit ke-27. Jorginho mengirimkan umpan kepada Ciro Immobile dari kiri dan sang striker tersebut masih gagal menjebol gawang tim tamu.

Harusnya menit ke-40 Italia sudah unggul. Lagi-lagi Immobile membuang peluang. Sepakannya sudah berhasil melewati hadangan kiper Olsen namun bola masih bisa disapu keluar oleh Andreas Granqvist sebelum melewati garis gawang.

Semenit jelang turun minum, giliran Alessandro Florenzi yang mendapat kans tapi tembakan jarak dekatnya dimentahkan Olsen. Babak pertama harus berkesudahan 0-0.

Memasuki babak kedua Italia kembali mengurung Swedia. Olsen yang ada di bawah mistar gawang membuat pemain-pemain Italia benar-benar frustasi.

Giampiero Ventura lalu menambah daya serang Italia dengan memasukkan Stephan El Shaarawy dan Andrea Belotti. Itu berarti mereka menerapkan formasi tiga striker.

Lagi-lagi Immobile gagal memecah kebuntuan karena tembakannya yang menyambar umpan Candreva dari sisi kanan masih menyamping.

Mistar gawang menjadi musuh Italia dua menit berselang saat umpan silang Florenzi yang membentur Mikael Lustig hanya menghasilkan sepak pojok.

Menit ke-86, giliran El Shaarawy yang melancarkan aksi namun eksekusi jarak dekatnya dimentahkan Olsen. Segenap upaya serangan dikerahkan Italia dalam sisa waktu babak kedua, namun tak satu pun mampu mengubah keadaan dan tiket ke Piala Dunia jatuh ke genggaman Swedia.

Rupanya Italia benar-benar karmanya. Mereka yang selama ini gigih dalam bertahan dan terkenal dengan gaya bertahannya kali ini mereka justru diperlakukan Swedia seperti yang pernah Italia lalukan kepada Timnas Lain. (mad/pkn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *