by

Meskipun Menyisakan Banjir, Penataan Trotoar di Jalan Raya Margonda Dilanjutkan

DEPOKRAYANEWS.COM- Meskipun penataan trotoar segmen satu di Jalan Raya Margonda Kota Depok menyisakan persoalan banjir, kini Pemerintah Kota Depok melanjutkan penataan trotoar sampai segmen II.

Pekerjaan segmen II dimulai dari Simpang Ramanda hingga Simpang Juanda dengan panjang 1,2 kilometer baik disisi kanan maupun kiri. Lebar trotoar rencana 4 meter.

Untuk lanjutan Segmen I dimulai dari Underpass Dewi Sartika hingga dengan titik awal Segmen I pekerjaan tahun 2021. Lalu dari ujung Kantor Wali Kota Depok sampai dengan Simpang Ramanda dengan panjang 600 meter. Penataan trotoar ini bersamaan dengan kegiatan pelebaran Simpang Ramanda.

”Pagu anggaran yang disiapkan yaitu Rp 18 miliar menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianty, Senin 5 Juni 2023.

Saat ini proses pelaksanaan proyek itu dalam tahap menunggu persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR). Sebab, status jalan Segmen II merupakan jalan nasional dan menjadi aset kementerian.

Separator pembatas jalur cepat dan jalur lambat akan dibongkar karena trotoar atau pedestrian melebar hingga 4 meter.Selanjutnya ada pekerjaan overlay di lokasi pembongkaran separator. Untuk Segmen II akan ditambah Penerangan Jalan Umum (PJU) etnik, bangku dan pot tanaman.

Citra menyebut, pihaknya terus membangun komunikasi dengan kementerian agar surat persetujuan atau rekomendasi segera turun. Dengan begitu, proses pengadaan e-katalog bisa segera dilaksanakan.

“Proses pengadaan dengan e-katalog hanya membutuhkan kurang lebih satu minggu. Jika seluruh syarat tersebut dipenuhi oleh kontraktor, maka bisa segera dilakukan pelebaran. Mudah-mudahan Kemen-PUPR segera menurunkan surat persetujuan,” kata dia.(ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *