by

Mia Banulita, Kajari Perempuan Pertama di Kota Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Asep Mulyana melantik Mia Banulita sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok menggantikan Sri Kuncoro, Rabu 9 Maret 2022. Mia Banulita adalah perempuan pertama yang menjadi Kajari di Kota Depok.

Tidak heran kalau banyak yang bertanya tentang sosok Mia Banulita. Ini adalah profil Mia Banulita.

Mia Banulita adalah sosok jaksa yang cukup disegani karena sederet prestasi yang pernah dia raih.

Sebelum dilantik menjadi Kajari di Depok, Mia menjabat sebagai Kepala Bagian Rancangan dan Pertimbangan Hukum pada Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri, Jaksa Agung. Mia juga pernah menjadi Kajari Batang Hari di Jambi.

Mia dinilai berpengalaman pada bidang tindak pidana khusus, karena pernah menjabat sebagai koordinator bidang Tindak Pidana Khusus di Kejaaksaan Tinggi DKI Jakarta. Bahkan, Mia pernah menjadi salah satu anggota Tim Pengkaji UU ITE, yang dibentuk Menko Polhukam, Mahfud MD

Mia juga pernah ditunjuk sebagai pengacara negara untuk mendampingi Walikota Pontianak pada 2004 dalam kasus perdata dan tata usaha negara atau Perdatun.

Dari sebagian prestasi dan kiprahnya, Mia meraih dua penghargaan dari negara. Yakni, penerima Satya Lencana dan peraih Sidhakarya. Penghargaan Sidhakarya adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Kejaksaan Agung RI.

Dalam keterangan tertulisnya yang diberikan kepada wartawan, Mia menegaskan akan melakukan pencegahan, serta penindakan tindak pidana korupsi secara proporsional dan profesional dengan melanjutkan tonggak pondasi yang telah dibangun oleh pemimpin-pemimpin sebelumnya.

“Selanjutnya sesuai dengan arahan pimpinan kejaksaan akan berperan aktif dalam mendukung program-program pemulihan ekonomi nasional,” kata dia. Selamat bertugas Ibu Mia. (ril/red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *