Microsoft Indonesia Tanggapi Soal Serangan Virus WannaCry

Sebarkan :

 
microsoft indonesia

Microsoft Indonesia Tanggapi Soal Serangan Virus WannaCry

Depokrayanews.com – Ransomware WannaCry menyerang puluhan negara, salah satunya Indonesia. Seperti yang disebutkan oleh pakar keamanan siber, Pratama Persadha, ini bukanlah serangan ransomware yang pernah muncul.

Ransomware telah ada sejak lama dalam berbagai jenis dan menyerang berbagai sistem operasi. Windows menjadi salah satu sistem operasi yang paling diincar karena jumlah penggunanya yang banyak. Namun, Microsoft juga telah mengantisipasi hal itu.

“Siapapun yang menjalankan software antivirus gratis kami atau telah mengaktifkan Windows Update akan terlindungi dari serangan siber ini,” ujar Willy Hendrajudo, Windows Business Group Head, Microsoft Indonesia.

Sebagian besar komputer yang menjadi korban WannaCry masih menggunakan Windows XP, yang memang telah lama tidak mendapatkan dukungan dari Microsoft. Untungnya, kali ini, perusahaan asal Redmond itu memberikan update darurat untuk pengguna Windows XP.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan dampak terhadap pelanggan dan bisnis mereka, kami juga telah merilis pembaruan (update) untuk Windows XP, Windows 8, serta Windows Server 2003. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi blog Microsoft Security Response Center ‘Customer Guidance for WannaCrypt Attacks.'” kata Willy.

Langkah yang diambil Microsoft ini adalah keputusan yang tidak biasa. Karena biasanya, mereka tidak lagi memberikan perlindungan bagi pengguna sistem operasi yang dianggap sudah ketinggalan zaman. Namun, mengingat masifnya jangkauan WannaCry, keputusan Microsoft ini masuk akal.

Diperkirakan, WannaCry telah menyerang sekitar 75 ribu komputer di 99 negara. Selain Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais di Indonesia, belasan rumah sakit di Inggris juga menjadi korban.

(MMI)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara Membuat Messenger Rooms Melalui WhatsApp Web

Depokrayanews.com- Platform panggilan video milik Facebook, Messenger Rooms telah terintegrasi dengan WhatsApp versi Web. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp Web ...