by

Moeldoko Akhirnya Beberkan Alasan Pimpin Partai Demokrat

Depokrayanews.com- Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB, Moeldoko akhirnya berbicara juga soal kekisruhan di internal partai hingga dirinya terpilih menjadi ketua umum. Moeldoko menyebut ada perubahan arah demokrasi di internal Partai Demokrat.

“Saya ini orang yang didaulat untuk memimpin Demokrat. Kekisruhan sudah terjadi, arah demokrasi sudah bergeser di dalam tubuh Demokrat,” kata Moeldoko dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @dr_Moeldoko pada Minggu 28 Maret 2021.

Menurut Moeldoko, ada situasi khusus dalam politik nasional. Yakni, pertarungan ideologis yang kuat menjelang 2024.
Pertarungan itu terstruktur dan mudah dikenali. Hal ini menjadi ancaman bagi cita-cita menuju Indonesia Emas 2045.

“Ada kecenderungan tarikan ideologis itu terlihat di tubuh Demokrat. Jadi, ini bukan sekadar menyelamatkan Demokrat tapi juga menyelamatkan bangsa dan negara,” kata dia.

Moeldoko menyebut hal itulah yang kemudian mendasari dirinya menerima permintaan untuk memimpin Demokrat. Sebelum menerima jabatan itu, Moeldoko telah mengajukan tiga pernyataan kepada para peserta KLB.

Pertama, apakah KLB sesuai dengan AD/ART. Kedua, seberapa serius kader Demokrat memintanya memimpin partai. Terakhir, soal apakah para kader bersedia bekerja keras demi merah putih di atas kepentingan pribadi dan golongan.

“Dan semua pertanyaan itu dijawab oleh peserta KLB dengan gemuruh, maka baru saya buat keputusan,” kata Moeldoko.

Moeldoko menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak memberitahukan kepada presiden saat dirinya didorong dan terpilih sebagai ketua Demokrat.

“Terhadap persoalan yang saya yakini benar dan itu atas otoritas pribadi yang saya miliki maka saya tidak mau membebani presiden,” katanya.

Moeldoko bahkan mengaku tak memberitahu istri dan keluarganya atas keputusan yang ia ambil.

“Tetapi saya sudah biasa mengambil risiko seperti ini apalagi demi kepentingan bangsa dan negara. Untuk itu, jangan bawa-bawa presiden dalam persoalan ini,” tegas Moeldoko. (mad/and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *